Senin, 13 Januari 2014

Jokowi: Penanganan Banjir Juga Tanggung Jawab Pemerintah Pusat

Hujan deras yang melanda Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa titik ibu kota. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, untuk penanganan banjir di Jakarta, pihaknya telah melakukan berbagai upaya seperti pengerukan waduk dan kali, namun semua itu masih membutuhkan waktu.
Namun, lanjut Jokowi, penanganan masalah banjir di Jakarta tidak semata tugas Pemprov DKI, sebab ada 13 sungai besar di Jakarta yang masuk dalam tanggung jawab Pemerintah Pusat.
"Penangan banjir ini bukan hanya dilakukan oleh Pemprov DKI saja tapi juga tanggung jawab pemerintah pusat seperti 13 sungai besar. Sungai kecil, 884 saluran penghubung itu ada di DKI," kata Jokowi usai melakukan pelantikan Wali Kota Jakarta Utara di Waduk Cincin Utara, Papanggo, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/1/2013).
Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini juga menegaskan, peran masyarakat sangat penting dalam antisipasi banjir di Jakarta.
"Peran masyarakat juga harus terus ditumbuhkan kalau tidak percuma," katanya.
Jokowi juga menjelaskan, banjir di Jakarta tidak hanya disebabkan oleh hujan lokal di Jakarta, namun air kiriman yang berasal dari hulu, yaitu Bogor.
"Ini kan juga kiriman dari daerah atas. Masyarakat juga agar tidak buang sampah di got, sungai, dan dan tidak menduduki tanah-tanah di bantaran sungai. Wilayah yang di atas juga agar tidak menebang pohon-pohon," katanya.
Meski demikian, Jokowi mengapresiasi langkah Pemda Bogor yang sudah merobohkan beberapa villa untuk dijadikan daerah resapan.
"Saya apresiasi Pemda Bogor yang sudah robohkan vila untuk diubah menjadi ruang-ruang hijau dan serapan air. Tapi untuk mengatasi banjir ini memang perlu waktu, karena mengeruk waduk, sodetan baru dimulai," katanya.
"Problem ini memang kompleks, tapi sekali lagi saya yakin ini bisa ditangani. Masalahnya jelas, tapi perlu waktu. Jangan hanya minta sebulan atau setahun rampung, ini perlu waktu," tambahnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar