Senin, 13 Januari 2014

Jokowi Lantik Walikota Jakarta Utara di Tepian Waduk Cincin


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hari ini Senin 14 Januari 2014, melantik Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono. Pelantikan ini lakukan di tepian Waduk Cincin, Sunter Utara, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sejak kemarin berbagai persiapan dilakukan pihak penyelenggara. Waduk Cincin Papanggo yang sebelumnya kumuh dan penuh sampah eceng gondok disulap menjadi rapi dan indah.
Ratusan kubik eceng gondok yang menutupi danau itu langsung diangkut puluhan petugas PU Air dan Kebersihan Jakarta Utara.
“Saat ini sudah 64 kubik sampah eceng gondok yang sudah dibersihkan. Pekerjaan ini masih berlanjut” kata Yanto petugas kebersihan eceng gondok.
Dalam persiapan ini terlihat juga Assisten Pembangunan, Junaedi, dan Lurah Papanggo, Arahap melakukan pengecekan persiapan lokasi pelantikan. Bukan hanya itu Kasudin Kebersihan, Jakarta Utara, Zainuri juga nampak sibuk melakukan pembersihan sejumlah lokasi.
“Kebetulan lokasi tempat pelantikan ada di wilayah kami, warga melakukan aksi bersih di sekitar lokasi” kata Arahap Lurah Papanggo.
Sementara itu, Tanti 45, warga RW 8 Papanggo menyambut baik akan adanya pelantikan di danau itu. Menurutnya, selain dirinya bisa melihat secara langsung proses pengangkatan walikota yang baru juga membawa berkah tersendiri karena Danau Cincin jadi bersih.
“Memang selama ini waduk Cincin tak pernah dibersihkan baik lumpur maupun eceng gondoknya. Makanya dengan adanya pelantikan ini kami warga disini sangat bersyukur karena danau ini bersih,”katanya.
Dirinya juga berharap, kondisi danau yang bersih seperti ini jangan hanya pada saat akan digunakan untuk pelantikan. Tapi warga berharap harus terus dijaga kebersihannya, karena danau ini merupakan lokasi wisata gratis.

Prosesi Pelantikan
Meskipun di lokasi pelantikan, hujan turun rintik-rintik, tetapi tidak menghalangi Jokowi untuk melantik Walikota Jakarta Utara.
"Dengan ini, secara resmi saya melantik saudara Heru Budihartono sebagai Wali Kota Jakarta Utara," kata Jokowi.
Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menitipkan tiga hal yang harus segera diselesaikan Wali Kota Jakarta Utara yang baru. "Soal Taman BMW, Waduk Pluit dan Marunda," kata Jokowi.
"Sudah terlalu lama persoalan sertifikatnya tidak selesai," kata dia. Dia berharap, Heru bisa segera menyelesaikannya. "Gak perlu hitungan tahun atau bulan, hitungan hari kalau perlu." Jokowi berharap Heru segera menyelesaikan proses relokasi 7.000 Kepala Keluarga di Waduk Pluit. "Segera direlokasi dengan pendekatan-pendekatan yang baik," kata dia. Dan soal Marunda, Jokowi menitipkan agar segera ada persiapan pembebasan tanah. "Soalnya di sana akan dibangun banyak rusun," kata Jokowi.
Jokowi mengharapkan persoalan-persoalan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat, mengingat Heru dianggap sangat mengenal kawasan Jakarta Utara.  "Dia kan menguasai daerah sini," kata Jokowi.
Hadir dalam pelantikan tersebut, segenap jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara. Di antaranya Wakil Wali Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi. Serta segenap Camat dan Lurah di wilayah Jakarta Utara.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar