Senin, 13 Januari 2014

Jokowi Pertimbangkan Alirkan Banjir ke Waduk Pluit

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau banjir hari ini, Senin 13 Januari 2014, di Pintu air Jembatan Merah, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Jokowi, yang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudi Siahaan, mempertimbangkan untuk membuka pintu air itu dan mengalirkan banjir ke Waduk Pluit.
Tinggi muka air di pintu air itu mencapai 170 cm atau berstatus Siaga 4 alias normal saat ditengok Jokowi lepas tengah hari.  Aliran air di badan Sungai Ciliwung Lama tersebut terlihat disertai sampah yang cukup banyak.
Saat menginspeksi, Jokowi menyatakan, kondisi pintu air Jembatan Merah masih aman. Jika limpahan dari Pintu Air Manggarai cukup banyak akibat kiriman dari Depok dan Katulampa, dia mengatakan, "Akan dibuka agar mengalir ke Pluit."
Sedangkan untuk Waduk Pluit, Jokowi mengatakan, pompa-pompa air akan dicek secara berkala untuk memastikan dapat berfungsi dengan baik.
Sementara itu, Manggas menyatakan, pemberlakuan status darurat banjir belum dianggap mendesak. "Secara umum, kondisi pintu air masih siaga 2," katanya.
Dia menanggapi pernyataan bos-nya yang mengatakan sedang mempersiapkan surat untuk menetapkan status darurat banjir di ibu kota. Jokowi rencananya akan menandatangani surat itu pada Senin sore ini.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta menyatakan sudah ada 31 kelurahan dan 18 kecamatan yang kini terendam banjir. Jumlah pengungsi sendiri telah mencapai 5.152 pada Senin pagi.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar