Kamis, 16 Oktober 2014

Terkenang Saat Di-back up Jokowi, Lurah Susan Sedih

Presiden terpilih Joko Widodo menghadiri acara pamitan sebagai gubernur DKI bersama Basuki Tjahaja Purnama, perangkat RT/RW, camat dan lurah se-DKI Jakarta. Dalam acara ini, Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli, mengaku terharu saat menyaksikan kilas balik awal pemerintahan Jokowi-Ahok di Jakarta.
Awal 2013 lalu, Susan terpilih menjadi Lurah di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, melalui program lelang jabatan.
Saat pertama kali menjabat, Susan mendapatkan banyak sekali tantangan dari warganya yang menolak dirinya karena berbeda agama.
‎Namun, penolakan tersebut tak berlangsung lama karena Jokowi dan Ahok segera mendatangi warga untuk memberikan pengertian bahwa untuk menjadi lurah tak harus dilatarbelakangi oleh agama yang sama, namun kinerja lurah tersebut dalam memimpin suatu wilayah.
"Makanya pas saya lihat filmnya itu ya, kembali kayak ke belakang gitu, bagaimana mereka berdua itu istilahnya membackup saya juga. Jadi saya lihat sedih juga gitu," ujar Susan kepada detikcom usai acara pamitan Jokowi dengan peringkat RT/RW, camat dan lurah se-DKI Jakarta, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/10/2014).
"Saya yakin, apa yang sudah diberikan kepada kami, mudah-mudahan...," kata Susan yang tidak meneruskan kalimatnya karena matanya berkaca-kaca.
Namun sembari tertawa, dirinya berucap "Aduh, terharu saya. Gimana ya..sedih..hahaha, gila..sedih banget saya, kayak kehilangan gitu, tapi nggak juga sih, seneng juga saya kan," ujar Susan dengan suara bergetar.
Dirinya melanjutkan, dia masih ingat pada saat dirinya yang baru saja menjadi Lurah di Lenteng Agung didemo warganya sendiri dan Jokowi-Ahok berusaha meyakinkan warga Lenteng Agung. Hal tersebut rupanya sangat berbekas dalam ingatan Susan.
"Sedih banget saya, pas inget waktu didemo itu, jadi sedih melihat video napak tilas waktu pertama kali mereka pakai baju kotak-kotak, bagaimana mereka meyakinkan warga Jakarta kalau mereka datang ke sini dengan visi-misi mereka. Kalau menurut saya itu bagus banget," ucap Susan.
Harapan Susan, semoga Jokowi dan Ahok diberikan kesehatan dan selalu sukses dalam memimpin Indonesia serta DKI Jakarta. "Semoga tambah sukses, diberikan kesehatan untuk memimpin Indonesia baru seperti yang kami nikmati di Jakarta. Kami juga ucapkan terima kasih, karena sudah membangun Jakarta menjadi salah satu kota yang pastinya bisa lebih bagus, lebih baik lagi ke depannya. Makanya saya terharu dan bangga," tutup Susan sambil tersenyum.
Mulai hari ini, Jokowi bukan lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi akan segera dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober mendatang bersama wapres JK.

Harapan Lurah Susan
Susan pun memberikan pesan dan kesan kepada sosok yang akan jadi presiden ke-7 itu.
Susan hadir di acara perpisahan Jokowi yang didadakan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/10/2014). Ia terlihat cantik memakai kebaya dan selendang warna merah muda.
Di pengujung acara, panitia memutarkan video napak tilas Jokowi-Ahok saat mencalonkan diri hingga akhirnya terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Susan mengaku sedih dan terharu melihat itu.
"Tadi saya lihat waktu pertama ada film itu, sedih juga ya saya," kata Susan kepada detikcom saat diwawancarai di lokasi.
Susan merasa sedih melepas Jokowi, sosok yang banyak membelanya ketika didemo menjadi Lurah Lenteng Agung. Meski begitu, ia merasa bangga suami Iriana itu kini menjadi orang nomor satu di Indonesia.
Susan kemudian menyatakan berbagai harapannya kepada Jokowi. "Semoga Bapak tetap menjalankan tugasnya seperti yang sudah dibuatnya di Pemprov DKI. Kayak dulu Jakarta baru, sekarang Indonesia baru. Semoga program yang dipraktikkan di Jakarta juga dapat dibuat untuk Indonesia," ucap Susan.
Sosok berkacamata ini menilai banyak sekali program-program kerja Jokowi yang terasa manfaatnya untuk rakyat kecil. Katanya, warganya banyak yang merasa puas dengan kinerja pria asal Solo, Jawa Tengah, tersebut.
"Contohnya kayak KJS, KJP, ada pelelangan jabatan. Terus kayak pelayanan Bina Terpadu di kelurahan DKI Jakarta itu kan dulu nggak ada, tapi warga saya sendiri sudah merasa puas dengan pelayanan baru itu. Semoga hal ini dapat diterapkan Bapak di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, kalau bisa segala kepengurusan di kelurahan, pembuatan KTP, KK, semuanya gratis. Saya yakin pasti bisa," ujar Susan yang terpilih sebagai lurah lewat fit and proper test ini.

Yakin Ahok Bisa
Menanggapi penggantian kursi DKI-1, Susan percaya Ahok mampu menjalankan tugas itu dengan baik nantinya.
"Saya yakin dan percaya. Beliau juga selama ini kan mendampingi Pak Jokowi," kata Susan saat diwawancarai detikcom usai menghadiri acara perpisahan Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/10/2014).
"Dengan kepemimpinan yang baru ini, saya juga belum tahu ya, wakilnya siapa. Tapi saya yakin beliau juga pasti sanggup memimpin DKI ini walaupun dengan beragam konflik, saya yakin beliau bisa menjalaninya," sambung Susan optimistis.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar