Jumat, 17 Oktober 2014

Andong Jokowi Ditarik 2 Kuda Solo dengan Kusir dari Solo Juga

Sebanyak 4 kuda betina dari Solo, sore ini akan dikirim ke Jakarta untuk menarik andong yang akan ditumpangi presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), saat pelantikan, Senin (20/10/2014) mendatang. Dua kuda bernama Agustin dan Srikandi mendapat tugas menarik kereta kencana. Sedangkan dua lainnya sebagai cadangan.
Keempat kuda tersebut milik Mas Ngabehi Mudjiono, warga Jalan Sawo 7, Kelurahan Jajar, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. Keempat kuda itu juga pernah dibawa ke Jakarta saat pelaksanaan Festival Keraton Sedunia pada akhir tahun lalu.
Kepada wartawan Mudjiono mengatakan ia dan keluarganya merupakan peternak kuda yang sudah turun temurun. Sedangkan kuda yang akan dibawa ke Jakarta adalah kuda keturunan Australia yang biasa digunakan untuk pacuan.
"Ada 4 kuda betina yang kami siapkan. Dua kuda bernama Agustin dan Srikandi yang akan menarik kereta kencana," ujar Mudjiono saat ditemui wartawan di kandang kudanya, Jumat (17/10/2014).
Mujiono mengemukakan, keempat kuda miliknya tersebut sudah menjadi langganan Jokowi untuk disewa jika ada event atau kirab budaya saat di Solo. Kuda-kuda tersebut hanya digunakan untuk menarik kereta, karena usianya sudah 10 tahun.
Dipilihnya kuda betina untuk menarik kereta, lantaran kuda betina lebih mudah dikendalikan dibanding kuda jantan. Menurut Mujiono, kuda-kuda itu akan diangkut ke Jakarta dengan menggunakan kendaraan truk.
Tak ada persiapan apapun yang ia lakukan. Ia mengaku hanya membawa bekal berupa pakan saja. "Saya sendiri yang akan bertugas sebagai kusir kereta saat kirab berlangsung," katanya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar