Jumat, 17 Oktober 2014

Konferensi Pers Pertemuan Jokowi-Prabowo


Setelah sekitar 25 menit pertemuan antara Parbowo Subianto dan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Rumah Kertanegara, Kebaoyan Baru, Jakarta Selatan, kedua mantan rival dalam Pilpres 2014 yang lalu mengadakan konferensi pers.
Prabowo memakai kemeja putih dan berkopiah. Prabowo berbicara lebih dahulu, setelah Jokowi mempersilakannya.
Prabowo tampak santai sesekali tangannya terangkat menujuk Jokowi yang tersenyum mendengarkan Prabowo.
"Saya merasa sangat terhormat didatangi Pak Jokowi, yang Insya Allah akan dilantik menjadi presiden Senin nanti," kata Prabowo membuka jumpa pers di pekarangan kediamannya.
"Saya menerima beliau di rumah almarhum ayah saya. Pertemuan di dalam tadi, penuh persahabatan. Saya mengucapkan selamat karena beliau dipercaya menjadi pemimpin bangsa. Saya yakin beliau seorang patriot. Kami punya keinginan sama. Untuk keutuhan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," kata Prabowo.
"Saya juga sampaikan kepada Pak Jokowi, partai Gerindra siap mendukung beliau. Namun bila ada hal yang tak menguntungkan rakyat, kami akan kritisi. Saya juga mohon pendukung saya tidak menganggap persaingan (politik) masih ada," kata Prabowo, yang saat melepas dan mengantar Jokowi, tak lupa memberikan penghormatan resmi yang tampak sangat berkesan positif. 
Berkaitan dengan acara pelantikan Jokowi, Prabowo belum bisa memastikan apakah bisa hadir atau tidak, karena malam ini akan berangkat ke luar negeri. Prabowo menyatakan nanti malam dirinya akan berangkat ke luar negeri dan apabila bisa tiba di Jakarta sebelum acara pelantikan, dirinya bertekad kuat untuk hadir.
"Sebagai warga negara, anak bangsa, dalam adat istiadat kita, kalau diundang wajib hadir," kata Prabowo.
Namun, sambung Prabowo, dia memiliki urusan pribadi sehingga harus bertolak ke luar negeri nanti malam.
"Tapi saya janji, kalau saya selesaikan itu sebelum Minggu malam, saya usahakan hadir, Insya Allah hadir," ujarnya,
Pada kesempatan itu, Prabowo juga mengundang Jokowi ke rumahnya di Hambalang, sekaligus meminta Jokowi menyanyi di rumahnya.
Menanggapi hal itu, Jokowi pun berjanji akan rumah Prabowo di Hambalang, tetapi tidak berjanji untuk menyanyi saat berada di rumah Prabowo.
"Terima kasih sekali, meski sudah menjadi presiden, Pak Jokowi berkenan akan  datang ke rumah saya di Hambalang, Bogor," kata Prabowo yang diamini Jokowi.
"Iya, saya pasti datang ke Hambalang. Kan naik helikopternya Pak Prabowo," kata Jokowi mengamini pernyataan Prabowo yang disambut gelak tawa hadirin.
"Tadi, saya ucapkan selamat ulang tahun kepada Pak Prabowo. Saya tanya usia beliau. Tapi, beliau tidak mau menyampaikan," ujar Jokowi.
"Jangan sebut usianya berapa," Prabowo menimpali, disambut tawa hadirin.

Saya ucapkan terima kasih yang besar atas penerimaan siang hari ini," kata Jokowi.
Selain itu, Jokowi juga siap menerima kritikan yang akan disampaikan Prabowo selama menjalani pemerintahannya nanti. Setelah melakukan pertemuan, keduanya menyatakan memiliki tujuan yang sama mengenai Pancasila dan NKRI.
"Tujuan kita sama, mengenai Pancasila dan NKRI. Saya kira sama persis dengan tujuan dan gol kita kedepan, untuk bangsa dan negara," katanya.
Jokowi menambahkan, kritikan memang dibutuhkan oleh pemerintahannya. Keseimbangan dalam manajemen kenegaraan katanya sangatlah penting.
"Beliau (Prabowo) sudah menyampaikan bahwa ke depan kalau ada hal-hal yang perlu dikritisi dari pemerintah yang baru nanti saya sudah sampaikan, saya siap, karena memang kesimbangan dalam manajemen kenegaraan penting sekali. Ada yang mengontrol dan mengawasi, ini penting sekali," kata Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar