Rabu, 16 April 2014

Jokowi Didukung Masyarakat Internasional Karena Tak Punya Beban Masa Lalu

Garis kebijakan luar negeri Jokowi akan konsisten dengan garis sejarah politik Indonesia, yang merupakan penggagas gerakan Non-blok. Di bawah Jokowi, Indonesia mau membangun dunia atas dasar kesejajaran dan saling hormat antar negara bekas jajahan dan negara-negara blok bekas penjajah.
Demikian disampaikan politisi PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari. Pernyataan Eva ini terkait pertemuan Jokowi dengan para duta besar negara-negara sahabat. Eva menilai pertemuan itu biasa saja dalam dunia diplomasi, dan wajar saja bila masyarakat internasional mau tahu arah kebijakan luar negeri yang disiapkan oleh Tim Jokowi di masa mendatang.
Menariknya lagi, pertemuan ini juga disertai oleh Megawati yang disegani di dunia internasional, untuk memberi jaminan bahwa arah kebijakan luar negeri Jokowi kelak sesuai dengan garis kebijakan partai yang sudah dijalankan Bung Karno dan Megawati, yaitu bebas dan aktif.
"Bung Karno menggariskan polisi bebas aktif yang tidak mentoleransi penjajahan sehingga misalnya bisa dipastikan keniscayaan dukungan Indonesia atas perjuangan rakyat Palestina akan berlanjut," kata Eva kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Rabu, 16/4/2014).
Selain itu, lanjut Eva, kepemimpinan Indonesia di Asean juga akan diprioritaskan Jokowi untuk memastikan bahwa kawasan perekonomian Asean akan tetap menjadi pilihan investasi dunia yang menjanjikan. Meski demikian, Asean selain harus bekerja keras untuk mengatasi gap ekonomi antar negara anggota dan memperkuat komitmennya terhadap perlindungan dan penegakkan HAM bagi rakyat di kawasan Asean.
Terkait dengan situasi keamanan kawasan, lanjut Eva, Jokowi masih percaya bahwa dialog adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan problem kawasan seperti traficking, perbatasan antar negara hingga persoalan Laut China Selatan.
"Meski demikian, Jokowi yang tidak punya beban masa lalu, dengan integritas yang terjaga, yakin akan mendapat dukungan masyarakat dunia dari segi politik maupun ekonomi sehingga kepemimpinan Jokowi kan diterima dan didukung secara masifm" demikian Eva.

Sumber :
rmol.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar