Jumat, 11 April 2014

PDIP Sukses 'Kuasai' Pulau Jawa

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mampu tampil dominan sebagai pemegang suara terbanyak pemilih Pemilu 2014, di enam provinsi yang berada di Pulau Jawa.
PDIP, menjadi jawara dalam perolehan suara di lima dari enam provinsi yang berada di Pulau Jawa. Hal tersebut, berdasarkan hasil hitung cepat yang digelar Saiful Mujani Saiful Mujani Research & Consulting (SRMC).
Dalam penghitungan SRMC sampai Jumat (11/4/2014) dini hari, PDIP mampu meraup 21,3 persen suara dari 1.102 tempat pemungutan suara (TPS) se-Pulau Jawa.
Sementara pada posisi kedua dan ketiga, masing-masing ditempati Partai Golkar (13,4 persen) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Gerindra yang sama-sama meraih 11,7 persen suara.
Perolehan suara terbanyak PDIP di Pulau Jawa, didapat dari Provinsi DKI Jakarta. Di daerah yang dipimpin kadernya ini, Joko "Jokowi" Widodo, PDIP meraup 30,2 persen suara.
Selanjutnya, PDIP juga menjadi jawara di Banten (16,2 persen), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (29,1 persen).
PDIP juga tampil sebagai juara di dua provinsi yang pada Pemilu 2004 dan 2009 menjadi basis pemilih  Partai Demokrat, yakni Jawa Barat (20 persen), serta Jawa Tengah (25,6 persen).
Satu-satunya basis masa di Pulau Jawa yang tak mampu dikuasai partai besutan Megawati Soekarnoputri itu hanyalah di Jawa Timur.
Provinsi Jatim, dikuasai PKB yang mampu meraup 17,9 persen suara. Tapi, perolehan suara PDIP di Jatim tidak terpaut jauh dari PKB, yakni 17,3 persen.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar