Jumat, 28 Maret 2014

Pengamat: Iklan 'Kutunggu Janjimu' Pelajaran Politik Untuk Jokowi

Pada masa kampanye ini muncul iklan politik 'Kutunggu Janjimu' di sejumlah televisi nasional. Iklan itu terkesan menyudutkan capres PDI Perjuangan (PDIP) Joko Widodo alias Jokowi.
Dalam iklan itu digambarkan Jakarta masih dililit berbagai persoalan mulai banjir, macet, bus Transjakarta berkarat, korupsi dan persoalan lainnya. Iklan yang tidak jelas pembuatnya lalu menampilkan cuplikan janji Jokowi-Basuki saat pemilihan gubernur DKI Jakarta.
Pada bagian akhir iklan ditutup dengan kalimat, 'Kutunggu Janjimu'. "Iklan tersebut dapat menjadi pelajaran politik bukan saja untuk Jokowi, tapi untuk seluruh capres," kata Direktur Eksekutif Media Literacy Circle UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Iswandi Syahputra, Jumat (28/3/2014).
Menurut Iswandi, iklan tersebut cermin dari meningkatnya kesadaran politik warga negara. "Rakyat sudah mengerti, banyak pemimpin berjanji saat kampanye tetapi lupa pada janjinya setelah terpilih. Jadi iklan tersebut merupakan pelajaran baru dari rakyat terhadap calon pemimpin mereka," ujarnya.
Lebih lanjut mantan anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat itu menjelaskan, Jokowi tidak perlu panik dan merasa iklan tersebut ditujukan hanya pada dirinya.
"Substansi pesan iklan tersebut sebenarnya dapat ditujukan untuk semua capres. Kalau Jokowi merasa iklan tersebut ditujukan khusus pada dirinya, ya mungkin saja itu terkait dengan masa kepemimpinannya yang tidak pernah tuntas saat menjadi wali kota Solo dan gubernur DKI Jakarta. Jadi ada rekam jejak yang direkam dalam memori publik," terang Iswandi.
Selama pesan dalam iklan mengandung kebenaran serta mengarah pada perbaikan kehidupan berbangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, dia melanjutkan, tidak perlu terburu-buru menilai iklan tersebut sebagai black campaign untuk Jokowi.
"Iklan tersebut faktual bukan black campaign. Respon Jokowi terhadap iklan tersebut akan menguji bagaimana kualitas kepemimpinannya," ujarnya menegaskan.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar