Senin, 03 November 2014

Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeier Temui Jokowi

Presiden Jokowi menagih janji Jerman menjadikan Indonesia sebagai pintu gerbang pasar Asia Tenggara. Ini adalah tindak lanjut Jakarta Declaration, yakni dasar kerjasama RI-Jerman.
Permintaan ini disampaikannya kepada Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeier bertandang ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (3/11/2014).
"Kerja sama kita dengan Jerman ini sudah sangat baik. Kita telah memiliki comprehensif partnership melalui Jakarta Declaration dan dari situ kita akan menindaklanjuti," kata Menlu Retno Lestari Priansari usai mendampingi Presiden Jokowi menerima Menlu Frank Walter Steinmeier.
MenurutnyaJerman bersedia memberi dukungan sesuai kemampuan. Secara khusus Indonesia juga meminta Jerman menjadikan Indonesia sebagai production face untuk pasar di kawasan Asia Tenggara.
"Kita minta Jerman untuk mengakses produk eskpor Indonesia termasuk komoditi," jelas Retno.
Selain itu RI juga meminta fasilitas bebas visa bagi WNI yang berkunjung ke Jerman. Khususnya bagi WNI pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas.
"Meminta Jerman memberikan bebas visa bagi pemengang paspor diplomatik dan paspor dinas untuk Indonesia," sambung mantan Dubes RI di Belanda ini.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar