Jumat, 23 Mei 2014

Pecinta Gus Dur: Jokowi Reinkarnasi Gus Dur

Jokowi disebut oleh aktivis pecinta Gusdur, Rendra Setiawan memiliki beberapa kesamaan dengan Gusdur. Kesamaan tersebut bukan terletak pada kemiripan fisik, tapi tentang gagasan serta tindakan Jokowi sebagai pemimpin.
Menurut Rendra, sikap Jokowi yang selalu merakyat yang dibuktikan dengan tindakannya yang kerap blusukan mirip dengan sikap Gusdur yang juga rakyat.
"Jokowi dan Gusdur sama-sama merakyat, tapi dengan cara yang berbeda tentunya. Jokowi dengan blusukan, Gusdur akrab tanpa memberikan sekat pada rakyat, selalu menyapa," kata Rendra saat ditemui wartawan seusai memberikan bantuan satu unit mobil pada Jangkar Jokowi untuk pemenangan Jokowi di Yogya, Jumat (23/5/2014).
Selain gaya yang merakyat, Jokowi dan Gusdur juga memiliki jiwa sederhana yang mirip. Tidak hanya itu, dalam pemikiran pun Jokowi memiliki kesamaan dengan Gusdur. Menurutnya, Jokowi dan Gusdur memiliki rasa toleransi akan keberagaman yang sama.
"Jokowi menjunjung tinggi keberagaman, buktinya sudah ada, begitu juga Gusdur. Dalam pola penguasaan pemerintahan juga begitu, Jokowi memiliki pola yang sama dengan Gusdur," tambah Rendra.
Sebagai orang awam, Rendra bisa melihat kemiripan diantara dua tokoh tersebut. Gaya berpolitik Jokowi yang santun dan sikap cuek dengan komentar miring juga sama dengan gaya Gusdur yang cuek dalam menanggapi isu-isu yang berkembang. "Bisa dibilang Jokowi ini reinkarnasinya Gusdur," pungkasnya.
Sebelumnya Jokowi juga pernah disebut sebagai tokoh yang memiliki persamaan karakter dengan mitologi jawa Satrio Piningit. Bahkan disebut sebagai titisan Satrio Piningit.  [hhw/merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar