Senin, 10 Maret 2014

Tinjau Waduk Marunda, Jokowi Ditanya Media Asing Soal Banjir Jakarta

Untuk ketiga kalinya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau pembangunan Waduk Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Jurnalis Al Jazeera yang mengikutinya bertanya tentang seberapa efektif waduk tersebut mengurangi banjir Jakarta.
"Jadi kalau waduk ini sudah jadi, apakah Jakarta tidak akan banjir?," kata jurnalis Al -Jazeera Step Vaessen pada Jokowi di lokasi Waduk Marunda, Cilincing, Jakut, Senin (10/3/2014).
Jokowi terdiam sesaat. Ia lalu menjawab pertanyaan tersebut. Jokowi mengatakan Pemprov DKI Jakarta sudah memprogramkan pembangunan 9 waduk di Jakarta.
"Itu tergantung. Tapi kita banyak buat waduk. Ada 9 waduk baru, sekarang baru ada 2 yang baru. Disini dan di Pondok Rango 18,5 ha. Di sini 56 ha. Kalau semuanya jadi dan Waduk Ciawi (Bogor) selesai saya kira bisa," terangnya.
Saat ini, kata Jokowi, sudah ada 13 eskavator yang dioperasikan untuk pengerukan waduk tersebut. Seluruhnya berasal dari pembelanjaan APBD dengan menggunakan sistem e-catalog.
"Ini nanti akan ada lagi yang kita beli," ujar politisi PDIP ini.
Dibandingkan dengan kondisi saat pertama kali Jokowi datang, pengerukan waduk kini sudah mencapai 50 persen lebih. Rencananya pengerukan akan diselesaikan dalam waktu 8 bulan.
Saat datang, Jokowi kembali ditagih warga mengenai pembebasan lahan perumahan untuk membangun waduk. Jokowi berjanji akan menyelesaikan pembebasan lahan pada bulan April 2014.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar