Senin, 10 Maret 2014

Jokowi Peringatkan Kepala Dinas untuk Kebut Penyerapan Anggaran

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengumpulkan seluruh kepala dinas serta jajaran Satuan Kerja Dan Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memperingatkan jajarannya agar mengebut penyerapan anggaran.
Jokowi mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 sebesar Rp 72 triliun sudah dapat digunakan sejak pekan lalu. Karenanya, dia meminta agar seluruh SKPD melaksanakan program-program yang telah dirancang sesegera mungkin.
Jangan program-program baru mulai dilakukan ketika sudah mendekati akhir tahun. "Jangan seperti kemarin mainnya di akhir tahun. November baru mulai. Hasilnya pasti tidak baik kalau kerja kebut-kebutan," ujar dia, Senin (10/6).
Perintah untuk mempercepat pelaksanaan program tersebut khususnya ditekankan pada Dinas Pekerjaan Umum. Sebab, kata Jokowi, pekerjaan kontruksi yang dilakukan Dinas PU itu memang harus dimulai di awal tahun pada musim panas. Jangan sampai ketika mulai musim hujan baru mulai menambal jalan.
Mantan Wali Kota Solo itu juga mengatakan, semua pekerjaan harusnya sudah selesai dua bulan sebelum akhir tahun. Sehingga, pada bulan November harusnya tinggal melakukan evaluasi kekurangan saja. Dengan cara seperti itu, kata dia, maka anggaran akan terserap secara maksimal.
"Tahun kemarin Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) kita Rp 7 triliun. Tahun ini saya tidak mau lagi seperti itu," ujarnya.

Sumber :
republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar