Senin, 10 Maret 2014

DPRD: Usut Keterlibatan Mantan Timses Jokowi dalam Pengadaan Transjakarta Karatan

Penyelidikan kasus dugaan korupsi bus Transjakarta diminta diusut tuntas. DPRD DKI Jakarta meminta penegak hukum tidak pandang bulu terhadap oknum yang terlibat.
"Siapa pun itu, mau mantan tim sukses, simpatisan, kolega di partai atau apa pun, harus disikat habis," ujar anggota DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Senin, (10/3/2014).
Pernyataan Wakil Ketua Fraksi PDIP ini, terkait munculnya nama Michael Bimo Putranto, yang diduga ikut terlibat dalam pengaturan pembelian bus Transjakarta di Tiongkok.
Bimo dikenal sebagai aktivis PDIP Jawa Tengah dan mantan ketua Pasoepati (kelompok suporter Persis Solo) serta simpatisan Joko Widodo saat kampanye dulu.
Bimo juga dikenal dekat dengan Joko Widodo karena mantan pengusaha meubel ini merupakan tim sukses dua kali pilkada Solo. Prasetyo mengungkapkan Michael Bimo Putranto bukan tim sukses resmi Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
"Dia itu bukan tim sukses resmi, hanya simpatisan. Kalau memang dia terlibat, silakan dihukum saja, termasuk oknum Dishub," tegasnya.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui kenal dekat dan sudah bersahabat lama dengan Michael Bimo Putra. "Ya saya kenal dia. Tapi kalau memang dia terlibat, harus ditindak tegas," kilah Jokowi.
Jokowi membantah terlibat dalam pengadaan bus Transjakarta. Ia menyalahkan sistem lelang yang menurutnya membuka peluang adanya tindak korupsi.
Menurutnya, sistem lelang bisa dimenangkan oleh siapa pun, termasuk sahabatnya. Ia juga mengatakan langkah "para sahabat" dari Solo terlibat dalam tender pengadaan di Jakarta, sudah diantisipasinya.
Salah satunya yakni dengan melakukan mutasi sejumlah kepala dinas, termasuk Kepala Dinas Perhubungan. Ia mengakui tidak bisa memantau pergerakan "sahabat"nya secara intens dalam mengikuti setiap tender di DKI Jakarta.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok )mengakui hal yang sama. Ia memang mengenal sosok Michael Bimo Putranto yang merupakan mantan tim sukses Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat menjabat sebagai Walikota Solo hingga Gubernur DKI Jakarta.
Ahok mengaku sosok Michael Bimo Putranto memang “main” dalam proyek pengadaan bus Transjakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang berkarat.
"Aku sudah tanya Pak Jokowi . Itu anak emang dari dulu di Solo suka begitu. Dia suka ada proyek, suka ngaku-ngaku deket Pak Jokowi, pake foto," tegasnya.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar