Rabu, 15 Oktober 2014

Jokowi: Kalau Ndak Percaya, ya Nanti Lihat Sendiri

Presiden terpilih Joko Widodo menyatakan tak akan ambil peduli dengan sikap keberatan sebagian pimpinan partai politik atas syarat Jokowi bahwa menteri harus mundur dari jabatan struktur partai politik.
"Apa saya pernah goyah? Atau kelihatan goyah soal pendirian saya? Ndak kan? Ya sudah," ujar Jokowi di rumah dinas kegubernuran, Jalan Taman Surapati 7, Menteng, Jakarta Pusat, ketika ditanya soal hal itu, Rabu (15/10/2014) malam.
Jokowi memberikan dua pilihan bagi menteri yang berasal dari partai politik. Pertama, sang menteri bisa keluar dari partai politik. Kedua, mereka bisa berstatus nonaktif. Jokowi yakin kebijakannya ini akan dijalankan para menterinya. "Kalau ndak percaya (akan diikuti) ya nanti saja dilihat sendiri," ujar Jokowi.
Hingga Rabu malam, Jokowi mengatakan bahwa postur kabinetnya tidak berubah, yakni 33 kementerian dengan 4 menteri koordinator. Komposisi menterinya pun masih sama, yakni 18 nama berlatar belakang profesional dan 15 nama berlatar belakang partai politik.
Jokowi menyebutkan, kandidat menteri sudah mengerucut. Jika sebelumnya lima atau enam nama disiapkan di satu kementerian, kini telah mengerucut ke satu atau dua nama. Jokowi memastikan akan mengumumkan susunan kabinetnya 21 Oktober 2014, satu hari setelah dilantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar