Kamis, 17 April 2014

Gubernur Jokowi Resmikan Pembangunan Dua Waduk Baru Pekan Depan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menggenjot pembangunan waduk di lima wilayah. Pekan depan, ada dua waduk yang direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Joko Widodo, yakni di Kampung Rambutan, Jakarta Timur dan di bilangan Brigif, Jakarta Selatan.
"Kita terus melakukan penambahan waduk baru, mudah-mudahan minggu depan kita buka lagi dua waduk, rencananya Pak Gubernur yang akan meresmikan pembangunannya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manggas Rudy Siahaan.
Hal ini disampaikannya di Balai Kota, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/4/2014) malam.
Manggas menyebut, waduk tersebut nantinya tidak hanya berfungsi sebagai penampung air. "Ada fungsi sosialnya, ruang terbuka hijaunya lengkap dengan taman, jogging track, taman bermain anak, akan disediakan di seputar waduk," ujarnya.
Dia optimistis, pembangunan waduk akan berdampak positif untuk meminimalisir terjadinya banjir. Waduk Brigif nantinya akan menampung air dari Kali Pesanggarahan, sementara waduk Kampung Rambutan diproyeksikan untuk menampung limpahan air di Kali Sunter.
"Ini akan didukung lagi dengan upaya manajemen pintu air," kata dia.
Dua waduk ini adalah bagian dari rencana pembangunan 24 tempat retensi air baru di lima wilayah DKI Jakarta. Sebelumnya, pemprov telah membangun empat waduk, yakni Waduk Rorotan, Waduk Marunda, Waduk Pondok Rangon, Waduk Rawa Kendal, dan Waduk Giri Kencana di Cilangkap.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar