Kamis, 17 April 2014

Sowan Megawati dan Jokowi ke Dubes Dianggap "Blunder"

Pertemuan calon presiden (capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo (Jokowi) dengan para duta besar (dubes) negara sahabat mendapat kritikan dari mantan Ketua MPR Amien Rais.
"Secara diplomatis (pertemuan) itu blunder luar biasa," kata Amien sebelum acara pertemuan tertutup partai politik (parpol) berbasis massa Islam, di Jakarta, Kamis (17/4/2014).
Amien menjelaskan, posisi dubes berada jauh di bawah capres. "Kalau seorang dubes sowan kepada mantan presiden ataupun capres itu yang betul. Tetapi kalau seorang capres, mantan presiden atau menteri sowan ke dubes Amerika (dan dubes lain), di rumah seorang pengusaha, secara diplomatik sulit dipahami. Itu blunder," tegas Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Amanat Nasional (PAN) ini.
"Maaf, Ibu Mega (Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri) dan Jokowi seperti sowan ke Robert Blake (Dubes Amerika Serikat) di rumahnya Jacob Soetojo ini blunder. Sehingga kesannya, ini apa-apaan? Dubes itu kan perwakilan. Kecil," ucapnya.
Hal berbeda, masih kata Amien, apabila para dubes yang sowan ke capres-capres. Dia berharap tidak terjadi lagi ada capres yang sowan ke dubes-dubes.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar