Kamis, 03 Juli 2014

Ketika Jokowi Berakting Pakai Bahasa Sunda

Sebagai pria yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo sangat kental dengan logat Jawa-nya. Lalu bagaimana ketika Jokowi beradu akting dengan 'Kabayan' dengan menggunakan logat bahasa Sunda?
Momen langka tersebut terekam dalam video berdurasi 2 menit yang digarap oleh Sembilan Matahari atas inisiatif komunitas kreatif di Kota Bandung.
Dalam video tersebut, Jokowi menyapa masyarakat Bandung dengan logat Sunda. Lawan mainnya adalah Kabayan, yang diperankan oleh seorang seniman asal Bandung, Tisna Sanjaya. Menurut Tisna, Jokowi cukup cepat belajar bahasa Sunda.
"Kalau saya lihat, Pak Jokowi cukup cepat belajar. Terbukti tidak ada rehearsal. Spontan mencontohkan satu kali dan beliau langsung bisa," kata Tisna di Ballroom Holiday Inn, Kamis (3/7/2014).
Menurut Tisna, meskipun ada beberapa kata yang tidak cocok dengan logat Jawa-nya, namun hal itu menjadi akulturasi yang unik.
"Yang penting tetap mencirikan khas Jawa-nya tapi menggunakan bahasa Sunda, itu jadinya unik, ada akulturasi. Karena dia sudah biasa berhubungan dengan masyarakat, tidak perlu akting lagim apa adanya, ekspresi apa adanya juga," terang Tisna.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar