Selasa, 08 Juli 2014

Google Unggulkan Jokowi, Bing Unggulkan Prabowo

Dua raksasa mesin pencari daring (dalam jaringan) alias search engine google dan bing yang merupakan kepunyaan Microsoft menempatkan dua pasangan calon presiden RI pada posisi berbeda.
Mesin pencari Google menempatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul tipis. Sebaliknya, mesin pencari Bing menempatkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan rentang cukup jauh.
“Berdasarkan pencarian kata kunci 'Jokowi' dan 'Prabowo', Google mengunggulkan Jokowi–JK 51,27 persen dan Prabowo–Hatta 48,73 persen. Sebaliknya, Bing mengunggulkan Prabowo–Hatta 64 persen dan Jokowi–JK 36 persen,” ungkap peneliti media sosial yang juga CEO VComm Arif Hidayat.
Monitoring yang dilakukan dalam seminggu terakhir sejak 1 hingga 7 Juli 2014 juga memperlihat kawasan para pendukung berada. “Untuk Jawa Tengah didominasi oleh pencarian dengan kata 'Jokowi' sedangkan Yogyakarta didominasi dengan kata 'Prabowo',” ungkap Arif.
Sebelumnya berasarkan monitoring VComm di bulan Juni 2014 untuk pencarian di Google, Prabowo unggul dari Jokowi, namun sejak 1 Juli 2014, posisi Jokowi berada diatas Prabowo.
Sementara itu hasil monitoring percakapan di media sosial, posisi pasangan Jokowi-JK tidak terkalahkan. “Monitoring selama satu minggu terakhir, Nitizen Share untuk Jokowi-JK 58,6 persen dan Prabowo-Hatta 41.4 persen,” terang Arif.
Lebih lanjut Arif menguraikan, jumlah kicauan selama seminggu untuk kedua pasangan capres mencapai 3.431.649 kicauan, dengan kicauan untuk Jokowi sebanyak 2,010,140 dan Prabowo sebanyak 1,421,509.
Ditambahkannya, kicauan tertinggi untuk Jokowi-JK terjadi pada rentang waktu 16 hingga 29 Juni dengan netizen share 62.5 persen.
Meskipun banyaknya serangan kepada pasangan Jokowi-JK, Arif melihat dukungan netizen kepada pasangan ini tidak akan berubah jauh.
“Hingga hari pencoblosan, angka dukungan kepada Jokowi tidak akan berubah banyak, angka masih berkisar 57 persen hingga 60 persen,” tutupnya. [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar