Jumat, 09 Mei 2014

Kandidat Cawapres Jokowi Yang Lahir Pada Hari Jumat

Presiden Indonesia Pertama, Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945. Bisa disederhakan bahwa  Indonesia “lahir” pada hari Jumat.
Berawal dari situlah, mungkin Megawati Soekarnoputri, putri Soekarno, menjadikan hari Jumat sebagai hari keberuntungnya, yang kemudian dipopulerkan oleh Wasekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah dengan sebutan “Jumat Suci”.
“Saya memberikan indikasi terkait hari Jumat, biasanya dipakai KPK untuk menahan calon tersangka, Jumat keramat. PDIP juga memutuskan capres, Jumat. Rujukannya, Bung Karno yang memutuskan (membacakan) kemerdekaan pada Jumat. Kami menyebutnya sebagai Jumat suci,” kata Basarah, Kamis (24/4/2014).
Memang, “Jumat Suci” pertama sudah ditunaikan oleh  Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP dengan memberi mandat kepada Joko Widodo (Jokowi) sebagai  capres dari PDIP, yakni pada hari Jumat, tanggal 14 Maret 2014.
Selanjutnya, apakah pendamping (Cawapres) Jokowi juga akan diumumkan oleh pihak PDIP pada hari  Jumat?
“Ya antara tanggal 9-14 Mei, namanya nanti akan diumumkan pada momentumnya,” kata  Jokowi.
Jika "Jumat:" dipaka sebagai rujukan PDIP, maka boleh jadi sosok cawapres yang akan mendampingi Jokowi adalah sosok yang lahir pada hari Jumat. Berdasarkan wikipedia, cawapres yang beredar saat ini yang lahir pada hari Jumat adalah :
  1. Jusuf Kalla, Tanggal Lahir 15 Mei 1942, jatuh pada hari Jumat. 
  2. Ryamizard Ryacudu, Tanggal Lahir 21 April 1950, jatuh pada hari Jumat. 
Akankan "Jumat Suci" juga diimplementasikan pada pemilihan cawapres yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2014 ini ? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.    [agna]

1 komentar:

  1. Aduh lebay nih berita, masa cari cawaprespun hrs yg lahir jumat jg, kok jd penuh dgn mistik gini yah, jd ga rasional, yg ku tau ... p jkw itu sgt rasional klo antara jk atau rr kpilih jd cawapres jkw, pst krn dinilai punya kmampuan n ada chemistry diantr mrk, hr lahir tdk trmsk kriteria cawapres p jkw deh

    BalasHapus