Kamis, 27 Maret 2014

Jokowi Minta Satpol PP Kawal Pemilu

Dalam peringatan ulang tahun ke-64 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-52, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) berharap agar Satpol PP dan Satlinmas dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik, termasuk mengawal Pemilu 2014 dengan baik dan meningkatkan citranya.
"Ya tugas mereka kan sudah jelas menjaga ketertiban," kata Jokowi seusai menjadi Inspektur Upacara (IRUP) HUT Satpol PP di Lapangan Silang Selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/3/2014).
Jokowi juga melalui sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan, HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini lebih istimewa karena bertepatan dengan Pemilu 2014. Dengan demikian, tema yang diambil dalam apel kali ini merujuk pada kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas yang memberikan dukungan demi kelancaran Pemilu 2014. Di antaranya yang tugas pokok dan fungsi untuk membantu ketertiban jalannya pemilu serta tanggap bencana.
Di bawah kepemimpinan Jokowi, Satpol PP juga saat ini diinstruksikan untuk tidak menggunakan pentungan dan alat-alat kekerasan lainnya. Terlebih, banyak tugas-tugas Satpol PP yang berhubungan langsung dengan masyarakat.
Saat ini, Satpol PP di DKI ada 7.000 personel. Dari jumlah tersebut, 5.000 personel di antaranya disiagakan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2014 baik, Pileg maupun Pilpres. Meskipun tidak ada penempatan khusus di daerah-daerah yang rawan, tetapi khusus untuk Pemilu 2014 ini peranan Satpol PP DKI dimaksimalkan dengan baik.
Dalam peringatan HUT Satpol PP kali ini, berbagai kegiatan juga dilakukan. Di antaranya adalah dengan melakukan aksi bersih-bersih lingkungan seperti di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dan beberapa kawasan lainnya.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar