Kamis, 27 Maret 2014

Jokowi: HUT Satpol PP Kali Ini Istimewa

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara saat perayaan HUT ke-64 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) DKI ke 52 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/3) pagi.
Dalam sambutannya, Jokowi meminta Satpol PP ikut mengawal pesta Demokrasi tahun 2014 yakni Pemilu. "Tahun ini menjadi istimewa, karena bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan pemilu legislatif serta presiden dan wapres setiap lima tahun sekali," kata Jokowi.
Ia mengatakan, apel siaga bertema 'Siap Mengawal Pelaksanaan Pemilu 2014 melalui tugas pokok dan fungsi (tupoksi)' ini mengajak semua Satpol PP memberikan dukungan kelancaran pada pelaksanaan pemilu 2014.
Jokowi menganggap ada relevansi antara tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam penegakan Peraturan Daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum (tibum) dan ketentraman masyarakat serta Satlimnas.
"Tidak terkecuali tupoksi membantu dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilukada, penanggulangan bencana dan tugas sosial kemasyarakatan lainnya," ujar Jokowi.
Ia meminta Satpol PP mengawal setiap tahapan Pemilu mulai dari pelaksanaan kampanye, masa tenang, pemungutan dan perhitungan suara, hingga nantinya Pemilu Presiden dan Wapres. Menurut Jokowi, potensi gangguan terhadap penyelenggaraan tibum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat sangat tajam.
Sehingga Satpol PP dan Satlinmas harus menyiapkan diri sejak dini. Faktor lain yang diperhitungkan adalah peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum, ketentraman masyarakat dengan mengutamakan prinsip-prinsip kearifan lokal.
Sebelumnya, dalam rangka HUT ini, Satpol PP DKI sudah menggelar donor darah di setiap wilayah, mulai (11/3) sampai (17/3). Kemudian pada Jumat (21/3) kerja bakti lingkungan di kawasan Tanahabang dengan melibatkan 700 orang anggota Satpol PP.
Kemudian ada pertandingan catur antar anggota Satpol, pertandingan futsal, bahkan pertandingan tinju yang memperebutkan sabuk Kasatpol PP DKI. Satpol PP juga berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Rabu (26/3).
Kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata juga diikuti seluruh pejabat struktural Satpol PP Provinsi DKI Jakarta baik jajaran eselon III maupun jajaran eselon IV.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar