Jumat, 04 Juli 2014

Survei Psikolog: Jokowi Unggul di Bidang Seni Bukan Bela Diri

Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia melakukan survei terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dari beberapa parameter yang dinilai, salah satunya keindahan (musik, puisi, lukisan, dan sebagainya) menempatkan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mendapatkan perolehan skor lebih tinggi ketimbang pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.
Jokowi mendapat skor 7,69 dan JK mendapat skor 6,88. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa masing-masing mendapat skor 6.15 dan 5.68.
“Kalau tentang Jokowi orang tahu dia suka musik rock metal sejak dulu dan media sudah mengungkapnya,” ujar Zainal Abidin, salah satu psikolog dari Universitas Padjadjaran yang memaparkan hasil survei, saat dihubungi Tempo, Jumat (4/7/2014).
Tidak jauh berbeda dengan Jokowi, pemberitaan mengenai Jusuf Kalla dan keterkaitannya dengan dunia kesenian juga mudah untuk diperoleh. Kemudahan informasi tersebut tidak dipungkiri Zainal memberi pengaruh pada perolehan skor Jokowi-JK yang lebih besar.
Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi hanya tertawa. Menurut dia wajar saja jika perolehan skor Jokowi bisa lebih besar dari Prabowo dalam konteks seni. “Pak Prabowo kan di hutan, berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya, mana ada orang di hutan disuruh nyanyi dan menari?” kata Suhardi.
Namun Suhardi melanjutkan, dalam kondisi tertentu Prabowo juga kerap meminta dirinya untuk bernyanyi atau ikut menari bersama. “Ya, kalau tentara memang tidak banyak waktu utuk menikmati hal semacam itu. Tapi kalau dengan saya, saya suka disuruh nyanyi, dia sangat suka musik dan joget di mana-mana,” ujar Suhardi.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar