Jumat, 04 Juli 2014

Ayo Gabung Jadi Saksi Relawan Jokowi

Tim pemenangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sudah meluncurkan aplikasi untuk saksi relawan pemantau pemilu. Aplikasi yang dibuat untuk  mengantisipasi kemungkinan kecurangan itu cukup mudah untuk diakses.
Aplikasi tersebut dibuat relawan Jokowi-JK yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung.
Lantas bagaimana jika tertarik mendaftar?
Sulthon Muhammad, salah seorang relawan Jokowi menjelaskan, bagi relawan yang ingin menjadi saksi tinggal membuka www.2jutarelawan.com. Setelah membuka web tersebut, kata dia, pilihlah menu DAFTAR pada halaman pertama.
"Isi kolom dalam pendaftaran. Isi nomor HP yang benar, karena username/password akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang didaftarkan. Pilih wilayah di mana TPS yang akan diawasi yang dekat dengan rumah relawan. Setelah itu ketik SAVE," kata Sulthon di Media Center Jl Cemara 19 Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/7/2014).
Setelah itu, kata Sulthon, buka web 2jutarelawan.com di telepon genggam. Pilih menu download. "Pilih jenis HP yang serupa dengan HP relawan. Klik Bar sesuai dengan jenis HP. Setelah itu HP relawan akan segera mengunduh aplikasi saksi bernama iWitness. Setelah download berhasil, install aplikasi iWitness yang muncul di HP relawan," tambah dia.
Dengan aplikasi itu, kata dia, relawan bisa melaporkan penghitungan suara di TPS secara real time. "Relawan juga bisa mengirim foto dan video. Sebab, server untuk menampung laporan tulis, foto, dan video sudah disiapkan sedemikian rupa, sehingga cukup besar," jelas dia.
Sementara itu, juru bicara tim pemenangan Jokowi-JK, Ferry Mursyidan berharap, relawan saksi dapat memantau dan melaporkan proses penghitungan suara di TPS sampai selesai, dan memfoto formulir C-1 yang ada angka perolehan hasil suara. "Laporan dan foto yang masuk, bisa dijadikan bukti jika ada sengketa penghitungan suara pilpres," jelas Ferry.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar