Jumat, 04 Juli 2014

Dewan Pers: The Jakarta Post Dukung Jokowi Lumrah dan Sah

Anggota Dewan Pers Nezar Patria menilai sikap yang diambil The Jakarta Post dengan mendeklarasikan dukungan resmi terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi dan Jusuf Kalla adalah hal yang lumrah dan sah-sah saja.
Menurut Nezar, praktik itu sudah terlebih dulu dilakukan oleh banyak media asing yang secara terbuka menyatakan dukungannya pada kelompok tertentu dalam proses pemilihan umum.
“Kalau untuk media cetak seperti Jakarta Post tidak menggunakan frekuensi publik, berbeda dengan televisi, itu boleh-boleh saja suatu media melakukan endorsement untuk calon tertentu. Tapi itu dibuat di rubrik editorial, banyak media besar melakukannya,” ujar Nezar saat dihubungi, Jumat (4/7/2014).
Nezar mencontohkan surat kabar asal Inggris, The Economist, juga melakukan analisis dan mendeklarasi dukungannya. Tak hanya untuk pemilihan perdana menteri di Inggris, The Economist, bahkan ikut menganalisis perhelatan pelaksanaan pemilu di belahan dunia lain dan menyatakan bahwa kandidat tertentu pantas untuk dipilih dibandingkan kandidat lainnya.
Hal senada juga pernah dilakukan surat kabar besar di Amerika Serikat, New York Times dan surat kabar dari Inggris, The Guardian.
“Jadi endorsement itu sebetulnya lumrah dan sah-sah saja. Di negara demokratis, pers sebetulnya bisa memberikan panduan atau memberikan perspektif, mana yang diantara calon-calon itu yang dinilai lebih baik berdasarkan pertimbangan yang dibuat oleh media itu,” ujar Nezar.
Dengan sikap Jakarta Post yang resmi mendukung Jokowi itu, Nezar berharap agar surat kabar dengan bahasa Inggris itu tetap bisa menjaga pemberitaan yang berimbang dan disesuaikan pada fakta yang ada.
Dia mengungkapkan, The Guardian meski memiliki afiliasi politik dengan Partai Buruh di Inggris tetap melakukan kritik terhadap partai itu, sehingga fungsi media sebagai pengawas akan tetap terjaga.
“Jangan sampai bias dalam pemberitaan,” ucap mantan Wakil Pemimpin Redaksi Vivanews itu.
The Jakarta Post resmi menyatakan dukungannya terhadap Jokowi-JK dalam editorial bertajuk “Endorsing Jokowi” yang berada pada halaman 6 surat kabar itu. Jakarta Post menyampaikan argumennya soal pentingnya media bersikap terhadap pilihan yang cukup krusial dalam pemilihan presiden saat ini.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar