Rabu, 11 Juni 2014

Jokowi Bakal Bangun Bank Agro Maritim Guna Angkat Kesejahteraan Nelayan

Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan membentuk Bank Agro Maritim untuk membantu para nelayan Indonesia jika mendapat amanah dari rakyat.
Karena dari pengalamannya setiap kali bertemu para nelayan di daerah, keluhan yang kerap disampaikan adalah mengenai kesulitan mendapatkan kredit usaha dengan bunga yang sangat rendah.
Dengan memberikan bantuan kredit, menurut Jokowi, maka pemberdayaan dan pengembangan bidang maritim akan bisa semakin optimal, sehingga kesejahteraan nelayan pun bisa meningkat.
"Bank Agro Maritim saya kira wajib hukumnya kita siapkan. Dan tentu saja pemberdayaan nelayan," tegas Jokowi saat memaparkan visi "Restorasi Maritim" dalam Launching Hari Nusantara 2014, "Membangun Indonesia Menjadi Negara Maritim yang kuat, Maju dan Mandiri", di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/6/2014).
Dia jelaskan, Bank Agro Maritim akan ada di tiap-tiap perkampungan nelayan di seluruh Indonesia.
Lebih lanjut Jokowi juga menilai nelayan Indonesia memiliki kemampuan yang tak kalah dengan nalayan negara lain. Hanya saja, permasalahan permodalan masih harus dibantu oleh pemerintah berupa kredit dengan bunga yang terjangkau lewat perbankan.
Modal yang dibutuhkan nelayan, dia contohkan, dinataranya untuk menggantikan kapal-kapal mereka yang sudah tua. Pun modal buat melaut para nelayan.
"Jangan sampai modal untuk pelaut itu yang menyiapkan orang lain. Siapa? Rentenir. Itu yang berbahaya. Nelayan selalu menyampaikan itu," ungkap Jokowi.
Menurut Jokowi, dengan pemerintah memberikan dua fasilitas itu, maka para nelayan akan semakin gampang mendapatkan ikan dan kesejahteraannya naik. Pendapat negara pun akan semakin optimal lagi diperoleh.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar