Selasa, 04 Februari 2014

Tanam Pohon di Hulu Kali Ciliwung, Bogor

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara penanaman pohon di hulu sungai Ciliwung, Kabupaten Bogor. Kedatangan sang gubernur disambut kabut dan hujan deras.
Pukul 11.15 WIB, Selasa (4/2/2014), Jokowi tiba di perkebunan teh Ciliwung, Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini berada tak jauh dari hulu sungai Ciliwung di kabupaten Bogor.
Jokowi yang berjaket merah langsung disambut oleh Bupati Bogor Rachmat Yasin yang mengenakan jaket berwarna hijau.
Ada juga aktivis antikorupsi Teten Masduki dan sejumlah staf Perhutani.
Bersama dengan Bupati Bogor Rachmat Yasin, Jokowi menanam pohon kayu putih.
"Pak, ini pohon kayu putih, nanti kalau Bapak masuk angin, insyaAllah ada gunanya," celetuk seseorang pada Jokowi dan Rachmat Yasin di lokasi, Selasa (4/2/2014).
Pohon kayu putih itu ditanam secara simbolis oleh Jokowi dan Rachmat Yasin. Tampak juga Kepala Perhutani Unit III Jabar-Banten, Dadang Hendaris.
Dadang Hendaris, mengungkapkan, penanaman ini dilakukan di lahan seluas 100 hektar. Rencananya akan ada 40 ribu pohon di tanam di sana. Pohon yang ditanam antara lain pinus, kayu putih, rasamala, puspa, dan buah-buahan.
"Pemilihan tanaman itu disesuaikan dengan kondisi iklim di sini. Kemudian produktivitas dan kesuburan tanah di sini," ucapnya.
Suasana di lokasi mendung dan gerimis. Rencananya, akan ditanam 100 pohon di bantaran hulu Sungai Ciliwung itu. 
Dalam pertemuan singkat antara Jokowi dan Rachmat Yasin sempat dibahas mengenai penyelesaian banjir di Jakarta yang sebagian besar berasal dari kiriman air di Bogor.
Rencananya Jokowi akan menanam pohon di pinggir telaga Saat yang menjadi hulu dari Sungai Ciliwung yang mengalir di Jakarta.
Sebelumnya, Rachmat Yasin pernah bertandang ke kantor Jokowi pada Senin (27/1/2014) lalu. Kedatangannya untuk membahas kerjasama pembangunan waduk Cimahi yang terdapat di desa Cimahi dan Sukamahi di desa Cipayung Data. Kedua waduk ini akan dikerjakan Kementerian PU.
Pemprov DKI sendiri berencana menggelontorkan dana 1,2T untuk pembebasan lahannya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar