Selasa, 04 Februari 2014

Bupati Bogor Puji Jokowi, Sindir Gubernur Sebelumnya

Bupati Bogor Rahmat Yasin mengapresisasi kehadiran Jokowi untuk menanam pohon di tepian hulu Kali Ciliwung di Bogor, Jawa Barat. Ia mengatakan hanya Jokowi yang berani mengambil keputusan untuk membuka persoalan masyarakat ke publik.
"Kita mengapresiasi kepada Mas Jokowi untuk membuka persoalan di masyarakat," kata Bupati Bogor Rahmat Yasin saat penanaman pohon di perkebunan teh ciliwung, Desa Tugu Selatan, Bogor, Selasa (4/2/2014).
Ia menyindir pimpinan DKI sebelum Jokowi yang mengetahui permasalahan banjir Jakarta namun enggan menjalin kerjasama dengan pemkab Bogor. "Gubernur sebelumnya tahu persoalannya apa tapi nggak mau bergerak," ucap Rahmat.
Mendengar pernyataan itu, Jokowi hanya tersenyum. Ia enggan berkomentar mengenai hal tersebut.
Menurut Rahmat, kedatangan Jokowi di Bogor pagi tadi menjadi jawaban bentuk kepedulian Jokowi pada penyelesaian banjir Jakarta dari hulunya yang ada di Bogor. Menurutnya, penanaman pohon di pinggir hulu Ciliwung itu bukti bahwa Jokowi mencintai Bogor.
"Mas Jokowi mau datang ke hulu untuk menyelesaikan permasalahan bersama-sama. Buktinya, meninggalkan sumpah serapah warga Jakarta dan mengabaikan kewajiban, di mata Jokowi, Bogor memiliki posisi penting mengatasi banjir Jakarta," ucapnya.
"Kehadiran Jokowi menjadi motivasi, kalau nggak ingin banjir, cintai Bogor," sambung Rahmat yang disambut tepuk tangan para undangan.
Rahmat menjelaskan, penanaman pohon di bantaran hulu sungai hanya satu dari beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengurangi banjir kiriman dari Bogor.
Selain pembangunan infrastruktur seperti daerah aliran sungai, faktor kultural warga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan terutama, tidak buang air di sungai karena aliran air sungai Ciliwung juga dimanfaat warga di hilirnya seperti Jakarta untuk kebutuhan sehari-hari.
"Warga tidak boleh BAB di sungai," imbuhnya.
Ia juga mengatakan bahwa penanaman puluhan ribu pohon ini harus berbanding terbalik dengan pertumbuhan vila di Bogor. Karena itu, ia secara bertahap akan meruntuhkan vila-vila ilegal yang berada di atas tanah konservasi.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar