Selasa, 04 Februari 2014

Kriteria Calon Wapres Versi Seknas Jokowi

Presidium Sekretariat Nasional Jaringan Organisasi dan Komunitas Warga Indonesia, Muhammad Yamin, mensyaratkan sosok yang pantas menjadi pasangan Joko Widodo (Jokowi) dalam pertarungan calon presiden 2014 haruslah figur yang dapat mengisi kelemahan Gubernur DKI Jakarta itu. Karena esensi dari wakil adalah pelengkap ketua.
"Jika jadi capres, Jokowi harus mencari sosok yang memenuhi kriteria ini," kata Yamin ketika berkunjung ke Tempo, Selasa (4/2/2014).
Yamin memberi contoh Presiden Amerika Serikat Barack Obama menurut dia kurang dalam segi pertahanan. Maka, "Obama merekrut Leon Edward Panetta yang andal dalam hal itu."
Jokowi, kata Yamin, harus dapat melihat kekurangannya sendiri dan negara. Sebab, banyak masalah yang harus diselesaikan di Indonesia. "Meski sosoknya kuat, tidak mungkin Jokowi menyelesaikan masalah sendirian," katanya.
Ketika ditanya perihal trah Soekarno, Yamin enggan berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan, "Serahkan saja pada rakyat (Seknas?)."
Seknas Jokowi telah mengadakan rapat kerja pertama mereka pada pertengahan Januari lalu. Ketua Presidium Seknas Jokowi Muhammad Yamin mengatakan, ada delapan perwakilan daerah yang menghadiri rapat ini. "Dari Papua, Jambi, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Palembang," ujarnya.
Kedelapan perwakilan daerah ini, saat ini, sedang menyampaikan pandangan umumnya. Setelah itu, Seknas akan membahas pembagian komisi. Rencananya, kata Yamin, akan dibentuk tiga komisi yang masing-masing membidangi organisasi, program, dan rekomendasi.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar