Kamis, 02 Mei 2013

Jokowi Umumkan Pemenang Tender MRT Hari Ini Kamis 2 Mei 2013

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan mengumumkan pemenang tender pembangunan sistem kereta bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT), pada hari ini, Kamis 2 Mei 2013. Masa sanggah untuk penentuan pemenang tender berakhir kemarin sore. "Jika sudah jelas, baru saya bisa ngomong," kata Jokowi, Rabu 1 Mei 2013.
Pengumuman pemenang tender pelaksanaan MRT jalur utara-selatan tahap pertama (Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia) sudah lama tertunda. Seharusnya pemenang tender jalur sepanjang 15, 7 kilometer ini diumumkan pada September 2012 lalu. Sebelum diganti, Gubernur Jakarta sebelumnya Fauzi Bowo, sempat mengumumkan bahwa nominasi pemenang proyek Rp 4,5 triliun ini adalah konsorsium Shimitzu yang beranggotakan Obayashi, Wijaya Karya dan Jaya Konstruksi, serta konsorsium Sumitomo Mitsui bersama Hutama Karya.
Jokowi menjelaskan masa sanggah pengumuman pemenang tender MRT berakhir pukul 17.00 kemarin.  Ketika berbicara pada wartawan, dia mengaku belum mendapat laporan soal adanya sanggahan. Kalau ada sanggahan, maka pengumuman pemenang tender harus ditunda untuk memverifikasi laporan keberatan tersebut.
Menurut Jokowi, begitu pemenang tender diumumkan, konstruksi proyek MRT bisa langsung dimulai. "Kalau menang, besok pagi mau mulai silahkan," katanya tegas. Dia sendiri mengaku tidak begitu ambil pusing kapan proyek raksasa ini akan dimulai. “Yang penting buat saya, MRT selesai 2017,” katanya.
Penyelesaian masalah administrasi dan pembayaran uang muka biaya proyek, menurut Jokowi, akan segera diurus PT MRT Jakarta. Pencairan dana hibah dari Pemerintah Jepang untuk proyek ini juga sempat tertunda karena Jokowi menolak memenuhi permintaan Kementerian Keuangan untuk menandatangani surat kesediaan bertanggungjawab mutlak. Belakangan, pemerintah pusat mengalah dan membiarkan surat itu ditandangani pejabat lain yang diberi kuasa oleh gubernur.


Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar