Senin, 07 Juli 2014

Jokowi Dipastikan Jadi Presiden WNI di Luar Negeri

Pasangan Calon Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla memenangi suara Pilpres di luar negeri setidaknya di lima lokasi tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN). Ini merupakan hasil survei yang dilakukan tim relawan exit poll di enam negara.
Pasangan nomor urut 2 menang pada TPSLN di Kedutaan Besar RI Singapura, KBRI Thailand, Victoria Park Hong Kong, Ansan Daegu Korea, dan KJRI Houston Amerika Serikat (AS). Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa hanya unggul di KBRI Mesir.
"Di Singapura terdapat 13 persen, ini sangat akurat. Pasangan Jokowi-JK mendapat 83 persen," ujar anggota Tim Relawan Exit Poll, Ainun Najib, yang berada di Singapura melalui sambungan konferensi video ke posko JKW4P, di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/7/2014).
Ainun menerangkan ada 22.330 pemilih yang ada di Singapura. Dari sana timnya berhasil menyurvei 3.055 responden. Hasilnya Jokowi-JK mendapat 2.348 suara (83,1%) sedangkan Prabowo-Hatta hanya 475 suara (16,83%). Sisanya memilih merahasiakan pilihannya.
Di KBRI Thailand, versi survei ini Jokowi-JK mendapat 79,43 persen sedangkan Prabowo-Hatta 20,57 persen. Hasil ini merupakan kalkulasi terhadap 144 responden dari 927 pemilih di sana.
Pada wilayah yang sempat kisruh di Hong Kong pun pasangan nomor urut 2 unggul telak. Mereka mendapatkan 80,9 persen dukungan sementara pesaing hanya 19 persen saja. Dari 23.863 pemilih di Hong Kong, tim relawan hanya berhasil memperoleh data dari 368 responden saja lantaran adanya kisruh.
Hasil serupa juga terlihat di KJRI Houston, AS. Jokowi-JK unggul mutlak 91,8 persen sementara Prabowo-Hatta 8,1 persen saja. Begitu pula di Korea. Jokowi-JK mendapat 69,5 persen suara sedangkan Prabowo-Hatta 30,4 persen.
Hanya di Mesir pasangan Prabowo-Hatta unggul. Keduanya meraih 57 persen suara sementara Jokowi-JK 42,9 persen. Melihat hal ini tim memenangan Jokowi-JK, Zuhairi Misrawi, menilai hal ini lantaran Mesir merupakan basis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menudung Prabowo.
Ainun pun menambahkan survei ini dibantu dengan penggunaan iPhone. Dari gadget itu, responden memilih tiga pilihan, Prabowo-Hatta, Jokowi-JK, atau rahasia. Data ini nantinya akan diolah dan ditampilkan di situs 2minggujadi.com yang mereka kelola.
Ia juga menerangkan surveinya memiliki margin of error (MoE) yang berbeda-beda tergantung tiap wilayah. Contohnya di Singapura, MoE sekitar 0,75 persen sementara di Thailand sekitar 3,4 persen. Namun, Ainun percaya hasil ini akan mendekati angka sebenarnya. "Tidak akan bergeser jauh dari real count," ucap Ainun.  [metrotvnews]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar