Kamis, 13 Maret 2014

Surva-surve SSSG: Elektabilitas Jokowi Jauh di Atas Megawati

Dibandingkan tingkat keterpilihan atau elektabilitas Joko Widodo, elektabilitas ketua umum partainya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri jauh di bawah. Pada survei yang dirilis Soegeng Sarjadi School of Government (SSSG) hari ini, elektabilitas Joko Widodo atau Jokowi hingga 40,32 persen menempati posisi pertama di antara calon presiden lainnya. Sementara Megawati hanya mendapatkan 1,04 persen.
"Elektabilitas capres (calon presiden) kita ambil pribadi-pribadi, Jokowi tetap nomor satu 40,32 persen," kata Fadjroel Rahman dari SSSG di Garden Terrace, hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (13/3/2014).
Menyusul elektabilitas Jokowi versi lembaga ini yaitu Prabowo Subianto 10,64 persen, Jusuf Kalla 6,08 persen, Wiranto 4,96 persen, Aburizal Bakrie 1,12 persen, dan Megawati Soekarnoputri 1,04 persen. Sementara 32,20 persen responden menjawab tidak tahu dan tidak mau menjawab dan 3,68 persen akumulasi jumlah elektabilitas calon-calon lainnya.
Sementara itu, diambil pula jajak pendapat tentang kriteria paling utama yang harus dimiliki calon presiden. Dari 12 kriteria yang ditawarkan kepada responden, tiga kriteria yang dianggap harus dimiliki capres adalah bersih dari KKN (korupsi, kolusi, nepotisme), melayani masyaraka,t dan memiliki pengalaman dalam pemerintahan.
Telesurvei dilakukan di 10 kota di Indonesia dengan metodologi penelitian dengan wawancara yang dimulai pada 10 Februari hingga 5 Maret 2014. Tingkat keyakinan 95 persen dan sampling error plus minus 2,77 persen.

 Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar