Kamis, 13 Maret 2014

PDIP: Cawapres Jokowi Sebaiknya Usia Muda

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Komarudin Watubun, mengatakan partainya telah menentukan kriteria calon wakil presiden yang akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden Juli mendatang.
“Kami ingin cawapres yang tegas,” kata Komarudin dalam acara rembuk desa, di Bogor, Jawa Barat, Rabu, 12 Maret 2014. Menurut Komarudin, kriteria tegas yang dimaksud bukan berarti figur tersebut harus punya latar belakang militer.
Sumber Tempo di PDI Perjuangan mengatakan, kriteria calon presiden pendamping Jokowi diprioritaskan berasal dari kalangan eksternal PDI Perjuangan dan mengutamakan figur profesional. Selain tegas, kata dia, figur itu harus memiliki jaringan luas di luar negeri dan usianya tidak melebihi usia Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Adapun Megawati lahir pada 23 Januari 1947, atau kini berusia 67 tahun.
Untuk memuluskan pencalonan Jokowi, PDI Perjuangan menargetkan menjadi pemenang pemilu legislatif pada 9 April nanti. Salah satu strateginya, kata Komarudin, mendeklarasikan pencalonan Jokowi sebelum pemilu legislatif. “Dilakukan sebelum pencoblosan, jelas untuk menarik suara,” kata dia.
Dampak pengumuman Jokowi sebagai calon presiden sebelum pemilu legislatif diprediksi bisa mendongkrak elektabilitas PDI Perjuangan. Menurut hasil sigi Indo Barometer yang dilansir Januari lalu, jika PDIP memasang Jokowi sebagai calon presiden sebelum pemilu legislatif, elektabilitas partai itu bisa melejit ke angka 35,8 persen. 

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar