Kamis, 13 Maret 2014

Indeks Kepemimpinan Jokowi

Sebelumnya, Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) unggul dalam 10 indikator yang diujikan Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Indo Barometer yang dirilis pada Rabu (12/3/2014) kemarin.
Menurut Direktur LPP UI Hamdi Muluk,  dalam melakukan survey atas Indeks Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Capres - Cawapres 2014 pihaknya menggunakan 10 indikator untuk mengukurnya yakni visioner, leadership, intelektualitas, ketrampilan politik, komunikasi politik, stabilitas emosi, ketegasan, kemampuan manajerial, penampilan, dan integritas moral.
Selain Jokowi, nama yang masuk dalam survey tersebut adalah Aburizal Bakrie, Din Syamsuddin, Hatta Rajasa, Khofifah Indar Parawansa, Megawati Soekarnoputri, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Said Aqil Siradj, Soekarwo, Suryadharma Ali, dan Tri Rismaharini.
Dalam 10 dimensi itu, Jokowi unggul dibanding 11 tokoh lainnya. Skor total dari semua dimensi yang diujikan menempatkan Jokowi 7,55 persen dengan rentan nilai 1-10. Jokowi disusul Prabowo (7,07), Megawati (6,58), Aburizal (6,38), Hatta (6,15), Muhaimin (5,83), Khofifah (5,78), Suryadharma (5,76), Risma (5,57), Din (5,67), Said (5,50), Soekarwo (5,47).
"Skor Jokowi tertinggi dari 3 kepala daerah yang berpotensi jadi capres atau cawapres 2014. Skor pribadi Jokowi paling tinggi pada dimensi empati sosial, ketrampilan politik, dan komunikasi politik.
Skor pribadi Tri Rismaharini paling tinggi pada dimensi penampilan, integritas moral, dan empati sosial. Sementara skor pribadi Soekarwo paling tinggi pada dimensi penampilan dan integritas moral," Hamdi Muluk menjelaskan.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar