Rabu, 18 Juni 2014

Ini Solusi Jokowi Agar Jalan Pantura Tak Cepat Rusak

Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) heran mengapa setiap tahun jalur Pantura selalu diperbaiki. Padahal jalur itu menjadi tumpuan penyebaran logistik di pulau Jawa. Apalagi Pantura menjadi salah satu jalan utama saat arus mudik Lebaran.
"Itu puluhan tahun rusak, bukan bertahun-tahun. Pertama memang itu adalah tumpuan jalan kita dalam rangka distribusi logistik," kata Jokowi di Hotel Swiss Bel, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (18/6/2014).
Dia menambahkan, salah satu penyebab kerusakan jalan ini adalah berlebihnya muatan. Akibatnya, kendaraan yang muatannya berlebihan itu mengakibatkan jalan menjadi rusak.
"Sekarang ini kenapa rusak-rusak terus karena overload, tekanan terhadap jalan itu berat, itu sudah diperbaiki setiap tahun, ada yang dicor tetap sama saja. Ya karena itu," ungkap mantan wali kota Solo ini.
Jokowi menawarkan solusi untuk menggunakan pengangkutan logistik dengan menggunakan kereta dan kapal. Sehingga nantinya jalan darat dapat digunakan kendaraan pribadi. Terlebih dengan kereta dan kapal, biaya transportasi akan lebih murah.
"Konsentrasikan distribusi logistik pada kereta dan laut, di negara manapun seperti itu. Artinya nantinya akan terjadi biaya transportasi yang murah. Artinya harga (logistik) bisa murah," tegasnya.
Jokowi tidak ingin berspekulasi akan adanya korupsi dalam tender perbaikan jalan Pantura. Karena itu dia belum melihat kondisi lapangan secara langsung.
"Ya harus dilihat lapangannya dong. Saya enggak bisa menyampaikan itu," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar