Rabu, 18 Juni 2014

Jokowi di Toko Pesona Batik Cerebon

Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam debat mengatakan ekonomi kreatif masuk dalam salah satu visi misinya. Ketika melakukan kampanye di Cirebon, dia menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu toko batik di Jalan Trusni Kulon, Cirebon, Jawa Barat.
Sesampainya di sana Jokowi segera mencoba batik yang ditawarkan. Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi turut hadir dan mendampingi calon presiden nomor urut dua itu.
"Halus. Ini motif baron," kata Jokowi saat mencoba salah satu batik, Rabu (18/6/2014).
Warga dan wartawan yang menyaksikan, sempat meminta Jokowi untuk mencoba batik dengan warna merah. Karena saat pertama mencoba, dia mengenakan batik warna putih dengan motif megamendung.
"Ini punya bupati sudah merah, saya maunya yang lengan panjang gini," ujarnya sambil tersenyum.
Salah satu penjaga toko akhirnya mengambilkan batik lengan panjang warna hitam dengan gambar burung pada bagian depan. Sontak warga meneriaki, bahwa itu lambang garuda yang menjadi lambang Partai Gerindra.
"Ini cendrawasih. Eagle always fly alone," jelasnya.
Setelah mencoba beberapa batik, akhirnya dia membeli. Batik motif baron dan kawung menjadi pilihan Jokowi. Setelah itu, dia memberikan tandatangan dan masukkan untuk para pengrajin kreatif.
"Industri kreatif berbasis budaya harus terus dikembangkan, terus dipromosikan, terus dipasarkan untuk kesejahteraan pengrajin batik Cirebon," tulis pasangan cawapres Jusuf Kalla (JK) ini.  [did/merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar