Sabtu, 05 April 2014

Bangun Papua, Jokowi Akan Fokus di Pendidikan dan Kesehatan

Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) akan fokus membangun Provinsi Papua pada dua bidang kebutuhan dasar manusia. Yaitu bidang pendidikan dan kesehatan.
“Saya kira disini yang paling penting tetap pada basic human need atau kebutuhan dasar manusia. Yaitu pada bidang kesehatan dan pendidikan,” kata Jokowi seusai Kampanye Pileg PDIP putaran terakhir di Lapangan PTC Entrop, Jayapura, Papua, Sabtu (5/4/2014).
Kedua bidang itu penting, menurut Gubernur DKI Jakarta ini, dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat bersaing dengan negara-negara lain tanpa diimbangi dengan kesehatan dan pendidikan yang baik, maka kualitas SDM tersebut akan rendah.
“Ini penting sekali. Karena menyiapkan SDM tanpa sebuah kesehatan dan pendidikan yang baik, ya percuma saja,” ujarnya.
Kemudian yang tak kalah pentingnya, lanjut mantan Wali Kota Solo ini, perlu dilakukan pembangunan infrastruktur yang tersambung dengan infrastruktur di pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.
Tanpa pembangunan infrastruktur yang dibangun secara berkesinambungan, maka Papua tidak akan berkembang. Begitu juga tanpa pembangunan infrastruktur yang terkoneksi dengan pulau-pulau besar lainnya di Indonesia, maka tidak akan terjadi kemakmuran rakyat di segala penjuru tanah air.
“Yang kedua harus dibangun adalah infrastrukturnya. Tanpa infrakstruktur yang baik, maka sekian puluh tahun mendatang Papua akan seperti ini terus. Lalu infrastruktur harus dikoneksikan dengan pulau-pulau lain, seperti Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Dengan begitu akan terjadi kemakmuran yang merata di seluruh tanah air,” jelasnya.
Untuk melakukan hal itu, menurutnya, tidak hanya melulu soal anggaran. Tetapi bagaimana nantinya pemerintah pusat melakukan kerja yang nyata dan konkrit untuk membangun Papua. Bukan hanya asal janji yang tidak bisa ditepati.
“Ini bukan masalah anggaran. Dari dulu selalu bicaranya soal anggaran. Justru yang diperlukan adalah kerja nyata, kerja yang konkrit, bukan asal janji,” tuturnya.
Memajukan Papua, bagi Jokowi sangat penting. Karena matahari Indonesia terbit pertama di tanah Papua. “Begitu sangat pentingnya Papua bagi Indonesia, saya harus perlu datang ke Papua,” tegasnya.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar