Rabu, 12 Maret 2014

Surva-surve Indobarometer: Megawati Paling Populer, Jokowi Dianggap Pemimpin Lebih Baik

Laboratorium Psikologi Politik (LPP) Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Indo Barometer menyelenggarakan survei untuk mendapatkan indeks kepemimpinan berdasarkan responden publik Indonesia.
Hasil survei menyebutkan, dari sisi pengenalan nama tokoh, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merupakan tokoh yang paling dikenal (99,1%), disusul Joko Widodo (98%), Prabowo Subianto (93,3%), Aburizal Bakrie (92,7%) dan Hatta Rajasa (82,7%).
"Untuk tingkat pengenalan terhadap tokoh lainnya masih di bawah 60 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, dalam pemaparan hasil survei, Rabu (12/3/2014)
Untuk dimensi lainnya, yakni dimensi visioner, yakni tokoh yang dianggap mampu membawa Indonesia menjadi negara maju, Qodari menjelaskan, Jokowi mendapatkan penilaian tertinggi dari masyarakat dengan skor 7.46. Disusul Prabowo Subianto 7.03, Megawati 6.41, ARB 6,29 dan Hatta Rajasa 6.00.
Dalam hasil survei indeks kepemimpinan, nama Jokowi juga bertengger di urutan teratas (7.51) dalam dimensi kepemimpinan, yakni tokoh yang mampu mengendalikan aparat pemerintahan Indonesia agar dapat bekerja dengan baik. Di urutan kedua bertengger nama Prabowo (7.15) dan Megawati (6.53).
Riset indeks kepemimpinan LPP UI dan Indobarometer dimaksudkan untuk mendapatkan pandangan publik tentang sejauhmana indeks kepemimpinan nasional. Riset tersebut menilai sebanyak 12 tokoh, namun lebih fokus pada orang-orang yang diwacanakan sebagai capres/cawapres.
Survei dilakukan pada periode 14-25 Februari 2014 dan dilakukan di 33 provinsi di Indonesia dengan margin of eror sebesar 3,0% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.
Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa di Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan menggunakan kuesioner.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar