Rabu, 12 Maret 2014

Surva-surve Indobarometer: Jokowi dan Prabowo Dianggap Paling Intelek

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi dianggap sebagai tokoh yang memiliki tingkat intelektualitas tertinggi dalam melihat permasalahan bangsa secara menyeluruh dan menterjemahkannya menjadi kebijakan nyata.
Jokowi menempati posisi tertinggi dalam dimensi intelektualitas, dengan poin sebesar 7.52. Di peringkat kedua, tokoh lainnya yang memiliki tingkat intelektualitas tinggi yakni Prabowo Subianto sebesar 7,05 dan Megawati (6.55).
"Jokowi menempati posisi teratas dalam dimensi intelektualitas dengan skor mencapai 7.52 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, dalam pemaparan hasil survei, Rabu (12/3/2014).
Dijelaskan, nama Jokowi juga menempati posisi teratas dalam dimensi ketrampilan politik, yakni sebagai tokoh yang mampu menggalang dan mendapat dukungan masyarakat. Dalam dimensi ini, Jokowi mendapatkan skor 7.65, disusul Prabowo Subianto (7.21), Megawati (6.79), ARB (6.58) dan Hatta Rajasa (6.18).
Riset indeks kepemimpinan LPP UI dan Indobarometer dimaksudkan untuk mendapatkan pandangan publik tentang sejauhmana indeks kepemimpinan nasional. Riset tersebut menilai sebanyak 12 tokoh, namun lebih fokus pada orang-orang yang diwacanakan sebagai capres/cawapres.
Survei dilakukan pada periode 14-25 Februari 2014 dan dilakukan di 33 provinsi di Indonesia dengan margin of eror sebesar 3,0% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.
Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa di Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan menggunakan kuesioner.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar