Sabtu, 22 Maret 2014

Jokowi: Politik itu Sangat Suci, yang Kotor Oknumnya

Kandidat Capres PDIP Joko Widodo (Jokowi) mempunyai pandangan khusus soal politik. Menurut Gubernur DKI Jakarta itu, politik bukanlah sesuatu yang kotor.
"Ada politik itu bukan suci tapi sangat suci kalau orang-orangnya benar, karena berkaitan dengan negara. Kalau ada yang itu (korupsi dan lain-lain, red) ya oknumnya yang disalahin, jangan politiknya," ujar Jokowi sebelum melakukan kampanye di Lampung, Sabtu (22/3/2014).
Jokowi mengatakan agar pemerintahan kuat, maka eksekutif harus merangkul parlemen. Jika parlemen lebih kuat dari pemerintah, akan banyak program yang sulit dijalankan.
"Kenapa PDIP, kalau Tuhan mengizinkan kita pegang pemerintahan tapi parlemennya enggak kuat ya itu susah. Lobi-lobi itu yang saya enggak suka. Kalau parlemen kuat ya beda, kalau kita izin belum dapat mau program apa enggak bisa keluar, itu acuan dalam sebuah tata negara. Itu kenapa harus punya parlemen yang kuat, kalau kuat kamu mau ikut silakan kalau enggak saya tinggal, " jelas Jokowi.
Jokowi juga menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam pemilu daripada golput. Dia lalu mengilustrasikan sulitnya membangun negara jika koalisi pemerintah di parlemen tidak kuat.
"Sekarang itu sulit membangun negara kalau cuma 20 persen. Kita dapat temzn 10 jadi 30 kalah lah sama 70, votingnya kalah mau apa? Ini anak muda yang seperti ini harus dijelaskan, di negara manapun seperti itu, Obama pun kemarin punya Obama care, dihajar-habiskan, itu nggak mudah," pungkas Jokowi.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar