Senin, 24 Februari 2014

Surva-surve Roy Morgan: Jokowi Masih Paling Populer

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tetap kandidat paling populer untuk Presiden dengan meraih 39 persen suara (naik 1 poin) dalam survei pemilu yang dilakukan lembaga riset Roy Morgan pada bulan Januari.
Jokowi unggul di atas Prabowo Subianto (16%, naik 2 poin) dan Aburizal Bakrie (12%, tidak berubah)
Ketiganya jauh di atas Wiranto (7%), Jusuf Kalla (5%, tidak berubah), mantan Presiden Megawati Sukarnoputri (5%, tidak berubah), Dahlan Iskan (4%, turun 1 poin), dan Mahfud MD (3%, tidak berubah).
Sedangkan Hatta Rajasa (2%, turun 1 poin) dan Ani Yudhoyono (1%, turun 1 poin). Selanjutnya 7% dari masyarakat Indonesia mendukung calon lainnya. Dan 11% lagi yang belum dapat menyebutkan siapa pilihan mereka.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) - partainya Jokowi dan juga partai dari mantan Presiden Megawati Sukarnoputri - mempertahankan kedudukannya dan kini didukung oleh 27% masyarakat (naik 1 poin dalam satu bulan) untuk pemiilu DPR, yang dijadwalkan pada bulan April 2014.
"Pemilu untuk DPR tinggal 2 bulan lagi dan tampaknya ranking dari kandidat presiden sudah mantap. Partai Demokrat terus membuang waktu dan kehilangan dukungan setiap minggu. PDI-P tampak sudah kuat, siap untuk memimpin koalisi berikutnya. Kalau saja Gubernur Jokowi diberi tugas untuk mengumpulkan dukungan secara nasional, PDI-P dapat meningkatkan kemungkinan mendominasi pemerintah yang tampaknya akan dipimpin olehnya," ujar Debnath Guharoy, Direktur Asia untuk Roy Morgan.
PDI-P jauh lebih unggul dari partai Golkar (20%, tidak berubah) dan Partai Gerindra (14%, naik 2 poin) - partai dari Prabowo Subianto, salah satu dari kandidat terkemuka. Diikuti oleh Partai Demokrat (11%, turun 3 poin) - partai dari presiden SBY .
Dukungan untuk partai lain terbagi di antara berbagai partai - PKB (7%, naik 1 poin), Partai Hanura (6%, tidak berubah), PAN (5%, tidak berubah), PKS (4%, tidak berubah), PPP (2%, tidak berubah), Partai NasDem (2%, turun 1 poin), dan PBB (1%, tidak berubah). Sedangkan 14% belum dapat menyatakan pilihannya.
Calon pemilih ditanya: "Bila saat ini ada pemilihan umum untuk anggota DPR, kandidat partai apakah yang akan Anda pilih?" dan untuk poll presiden "Siapa yang paling mungkin Anda pilih sebagai Presiden dalam Pemilu mendatang?"
Polling mengenai pemilihan Presiden dan DPR ini telah dilakukan pada bulan Januari 2014 dengan 3,131 calon pemilih di seluruh Indonesia umur 17 tahun ke atas. Wawancara tatap-muka dilakukan di ke- 34 propinsi di Indonesia dengan pengambilan sample yang seimbang yang mewakili pemilih secara geografis maupun demografis.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar