Senin, 24 Februari 2014

Anggaran Rumah Tangga, Pengawal, dan Voorijder Jokowi Rp 2,7 M

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tidak tanggung-tanggung dalam melakukan pengamanan dan pengawalan dirinya. Sejak isu sadap diketahui di akhir 2013 lalu, Jokowi memperketat penjagaannya.
Jika pada tahun 2013 Jokowi hanya menggunakan dua sampai empat pengawal setiap pergi, tahun ini bisa sampai delapan pengawal. Bahkan pada Januari lalu, Jokowi membawa rombongan pengawal di dua mobil. Baru pada Februari ini, Jokowi kembali membawa satu mobil pengawal.
Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2014, terdapat anggaran pengelolaan rumah tangga pimpinan daerah yang mencapai Rp 2,750 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk rumah tangga, pengawal, dan voorijder.
Sedangkan jika dibandingkan tahun 2013 lalu, anggaran rumah tangga ini tidak jauh berbeda. Namun Jokowi menghapus anggaran biaya belanja bernama "konsumsi harian pegawai kebutuhan Pimpinan Daerah" yang mencapai Rp 1,5 miliar pada 2013 lalu. Pada tahun 2014, anggaran tersebut tidak muncul.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta, Heru Budi Hartono beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa pengawalan yang lebih ketat cukup wajar. Termasuk mempersenjatai ajudan.
"Kami dapat info belapis-lapis. Pada saat itu ada info yang harus dilakukan seperti itu, sehingga aparat keamanan menjaganya saat itu ya seperti itu, tapi tidak setiap saat kok," ujar Walikota Jakarta Utara ini.
Ia menjelaskan, pengawalan Jokowi dilakukan oleh polisi dengan jumlah belasan orang yang bertugas bergantian. Sedangkan untuk Pengamanan Dalam, seperti di rumah dinas dan kantor Gubernur menggunakan petugas Satpol PP dan Dishub DKI untuk voorijder.
Heru menjelaskan permintaan keamanan bisa diajukan langsung oleh yang Gubernur DKI Jakarta. Biasanya, pengawal Jokowi tidak mencolok. Sekitar empat pengawal yang mengenakan baju batik atau kemeja, bahkan sesekali mengenakan pakaian santai seperti kaos dan celana jeans.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar