Minggu, 27 April 2014

Optimis Capres Hasil Konvensi Ikut Pilpres, Poros Baru Tunggu Arahan SBY

Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Ali Masykur Musa mengatakan bahwa proses penjaringan capres di partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bisa memberikan alternatif calon di pemilu presiden nanti. Ali bahkan optimistis bakal capres yang dihasilkan melalui konvensi dapat berlaga pada pemilu presiden (pilpres) 2014.
Kalaupun Partai Demokrat tak bisa mengusung capres maka pemenang konvensi bisa diikutsertakan dalam poros koalisi yang ada. Yakni poros Jokowi, poros Aburizal Bakrie dan poros Prabowo Subianto.
Konvensi bisa menawarkan lebih banyak varian. Bisa mengusung sendiri atau bisa juga ikut tiga poros kekuatan yang sudah ada, kata Ali kepada wartawan di sela-sela debat terakhir konvensi Partai Demokrat di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (27/4/2014).
Anggota BPK RI yang dikenal dengan inisial AMM itu menambahkan, opsi menyandingkan pemenang konvensi dengan capres dari salah satu poros koalisi sudah dibahas oleh SBY selaku Ketua Majelis Tinggi PD. Total ada tiga opsi yang muncul dalam pembahasan bersama SBY.
Dua opsi lainnya adalah membentuk poros baru dan berada di luar pemerintah hasil Pilpres 2014 alias menjadi oposisi. Namun, opsi yang akan dipilih tergantung pada keputusan SBY.
SBY memiliki hitungan-hitungan tersendiri mengenai sikap pada pemilihan umum presiden dan wakil presiden mendatang. Kami menunggu saja hasilnya, ucap Ali.  [dil/jpnn]

Poros Baru, Demokrat Tunggu Arahan SBY
Sementara itu Politikus Partai Demokrat Sutan Bhatoegana, yang namanya sering disebut-sebut terlibat kasus BP Migas,  mengatakan bahwa pembentukan poros baru akan terwujud jika SBY turun tangan. Lantaran anggota Setgab telah melakukan komunikasi untuk melihat arah politik SBY jelang Pilres mendatang.
"Politik itu ada teori kemungkinan. Jangan lihat perolehan suara Demokrat kemarin. Dulu saja, 2004 kita bisa memimpin. Harus inovasi bangun hubungan dengan semua kekuatan, konvensi ini harus final, dan harus ada pemenangnya keluar," kata Sutan di sela-sela debat terakhir konvensi Demokrat di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (27/4/2014).
Anggota Komisi VII DPR RI itu menambahkan, agar Demokrat bisa usung capres sendiri, pihaknya sedang memikirkan opsi poros baru. Poros tersebut terlepas dari poros Jokowi, poros Aburizal Bakrie, dan poros Prabowo.
"Dan kini kami tengah mencari pihak yang bisa diajak koalisi berlandaskan kesamaan visi-misi," katanya.
Sementara itu, menurut peserta konvensi capres Demokrat, Ali Masykur Musa, para peserta sudah diajak bicara mengenai pembentukan poros baru. "Pilihannya ada tiga, apakah bikin poros baru ataukah mengambil koalisi yang sudah ada. Ataukah tidak mengambil posisi di pemerintahan atau oposisi? Itu semua sudah dibicarakan, sudah disampaikan ke kita," kata Ali di tempat yang sama.  [tyo/merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar