Jumat, 21 Maret 2014

Makan Malam di Pinggir Jalan

Joko Widodo (Jokowi) memulai kegiatannya di Lampung dengan mencari tempat makan. Iring-iringan mobil yang sedianya hanya sekitar 10 unit kini menjadi 20 mobil mengiringi Jokowi mencari lokasi makan malam.
Setelah berputar-putar di tengah kota Lampung, konvoi puluhan mobil ini berhenti di pinggir jalan, tepatnya di Jl Hasanudin, Pasar Kangkung, Bandar Lampung, Jumat (21/3/2014). Ia menghampiri salah satu tenda makan di pinggir jalan tersebut.
Mobil-mobil iringan pun berbaris terparkir memakan satu ruas jalan dari 4 jalur yang ada. Di tenda makan itu, Jokowi memesan sop kaki sapi atas saran koleganya.
Tak beberapa lama kemudian, puluhan warga langsung memenuhi tenda. Mereka menyeruak masuk ke dalam tenda makan tersebut, dua baris meja makan panjang langsung dipenuhi warga. Sementara satu baris meja makan digunakan Jokowi. Warga tetap mengerumuni Jokowi sambil berteriak.
"Hidup Jokowi!" kata warga bersahutan.
Jokowi kemudian memanggil pegawai warung tenda untuk memesan makanan. Secarik kertas pesanan dan sebuah pulpen diberikan ke eks walikota Surakarta itu, namun Jokowi tak juga menyentuh buku menu karena banyaknya warga yang menyemut.
"Sini-sini, satu satu ya kalau mau foto," ujar Jokowi memenuhi permintaan warga untuk foto bersama.
Hingga saat ini, koki warung makan di pinggir jalan itu tampak kesulitan memasak karena penuhnya warga. Pegawai warung makan juga kesulitan mengantarkan minuman untuk gubernur DKI tersebut. Bahkan beberapa anak naik ke atas meja makan di samping meja makan Jokowi.

Peristiwa Lucu
Peristiwa lucu terjadi saat Jokowi makan di kaki lima Pasar Kangkung, Teluk Betung, Bandar Lampung pada Jumat (21/3/2014) malam. Jokowi ingin menraktir warga makan di sana. Namun, warga malah meminta Jokowi memberikan uang saja ketimbang makanan.
Semula, Jokowi hendak makan malam. Rombongan pun kemudian memilih kawasan kuliner Pasar Kangkung sebagai tujuan. Jokowi masuk ke salah satu rumah makan tenda tepi jalan. Kedatangan Jokowi menarik ratusan warga. Mereka berdesakan memenuhi sekeliling meja makan Jokowi. Bahkan, ada yang sampai naik kursi.
"Hayo, saya traktir. Makan saja semuanya. Duduk di meja situ," ujar Jokowi.
"Ah Pak, saya mentahannya saja Pak," jawab seorang warga.
"Iya Pak, kita mah sudah makan, mentahannya saja," timpal warga lain.
Jokowi tersenyum mendengar celetukan warga. Dia mengatakan bahwa hal itu merupakan politik uang dan tidak boleh dilakukan. Warga tersebut pun tampak senyum-senyum usai penjelasan.
Di restoran tenda tersebut, Jokowi menyantap aneka hidangan, mulai makanan pembuka yakni sop kikil. Jokowi melanjutkan santap malamnya dengan melahap ikan bumbu pedas dan udang. Santap malam Jokowi itu tampak tak tenang. Sebab, banyak warga yang minta bersalaman dan berfoto bersama Jokowi.
 Sumber :
- detik.com
- tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar