Rabu, 26 Februari 2014

Jokowi Kunjungi Kawasan Jakarta Utara

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah kawasan di Jakarta Utara, Rabu (26/2/2014). Tempat pertama yang dikunjungi Jokowi adalah kantor Camat Penjaringan, Jakarta Utara.
Jokowi mengecek ruangan pelayanan terpadu di kantor kecamatan itu. Di antaranya yang dilihat Jokowi adalah pelayanan untuk pembuatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) online.
Ia juga melihat fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia dalam pelayanan terpadu di Kecamatan Penjaringan tersebut, termasuk interior ruangan dan cara melayani warga yang sudah lebih baik dari sebelumnya.
Pelayanan di kecamatan itu posisi petugas pelayan sudah menyerupai frontdesk di bank. Beberapa fasilitas yang sudah ada d iantaranya adalah pojok internet untuk mengakses internet gratis bagi warga yang sedang melakukan pelayanan, tersedia juga meja yang menyediakan makanan dan minuman serta charger handphone, juga tempat bermain anak-anak.
"Kalau fasilitas, kita sudah sangat baik. Ada tempat bermain anaknya, dilihat di tempat yang lain ada permen, tetapi di sini ada tambahan kopi, teh, air panas. Itulah pelayanan," kata Jokowi usai meninjau ruang pelayanan terpadu di sana.
Jokowi juga mengungkapkan, tempat bermain anak disediakan di Kecamatan Penjaringan karena ruangannya mencukupi. Terlebih Jakarta Utara juga akan direalisasikan sebagai kota layak anak, sehingga bisa dimulai dari sana.
"Di sini ruangannya cukup, tetapi ada beberapa yang tidak cukup. Di sini yang mau mengurus pelayanan dan harus membawa anak bisa dititipkan. Karena ini salah satu untuk merealisasikan Jakarta Utara sebagai kota layak anak," kata Jokowi.

Jokowi Minta Pengurusan IMB Selesai 4 Hari
Selain menyoroti fasilitas, Jokowi juga melihat realisasi pelayanan di sana seperti untuk BPJS dan IMB yang bisa lebih cepat dari semula satu bulan, dikurangi seminggu, dan diupayakan lagi menjadi empat hari saja.
"Mengenai persyaratan, kita mau lihat agar disederhanakan. Karena baru urus syarat saja sudah pusing, tetapi yang jelas untuk IMB tujuh hari tapi harus betul-betul selesai," katanya.
Di samping itu, kedisiplinan petugas juga menjadi hal lainnya yang Jokowi cermati. Mereka harus bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat dan memiliki hati yang melayani.
"Kedisiplinan petugas, baik masuk kerja pagi maupun sore, saat ditanya warga dan bilang selesai empat hari harus empat hari selesai. Ini masalah trust dan kepercayaan. Kalau kemampuan mereka menyiapkan, saya kira tidak ada masalah," katanya.
Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi juga didampingi oleh beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), diantaranya adalah Walikota Jakarta Utara Heru Budi Hartono, Kepala Dinas Kesehatan Dien Emawati, Kepala Dinas Pendidikan Lasro Marbun, Kepala Dinas KUMKMP Joko Kundaryo, serta Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Yonathan Pasodung.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar