Kamis, 12 Desember 2013

Gaya 'Ndeso' Jokowi Bikin Rakyat Jatuh Hati

Pengamat Politik Universitas Indonesia Andrinof Chaniago menilai penampilan sederhana Joko Widodo menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hobi blusukan Gubernur DKI Jakarta itu membuatnya dikenal sebagai pemimpin yang sederhana, jujur, dan merakyat.
“Masyarakat ingin Jokowi jadi pemimpin karena selama ini tampilannya yang kayak orang ndeso (desa),” ujar Andrinof saat dihubungi, Kamis (12/12/2013).
Melihat hasil survey dari berbagai lembaga, kata Andrinof, Jokowi selalu jauh lebih unggul daripada kandidat calon presiden lainnya seperti Prabowo Subianto, Megawati Soekarnoputri, ataupun Aburizal Bakrie. Keunggulan ini disebabkan masyarakat merindukan sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat.
“Jokowi itu tidak seperti pemimpin-pemimpin lain yang boros menggunakan fasilitas dinasnya sebagai pejabat,” ujar dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.
Masyarakat, menurut Andrinof, sudah bosan melihat pejabat yang bergaya hidup mewah dan ujung-ujungnya terjerat kasus korupsi. Kesuksesan Jokowi menempatkan diri sebagai sosok yang sederhana dan mau turun ke lapisan masyarakat terbawah menjadi keunggulan mantan Wali Kota Solo itu dibandingkan tokoh lainnya.
Jokowi disebut-sebut bakal diajukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bakal maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2014. Jokowi sendiri baru menjabat sebagai Gubernur selama 1 tahun 2 bulan. Berikut keuntungan jika Jokowi ikut bersaing di pemilu. Selain itu juga ada kerugian jika Jokowi ikut pemilu.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar