Rabu, 09 Oktober 2013

Jokowi Tinjau Sumur Resapan dan Normalisasi Sungai

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) siang ini meninjau pembuatan sumur resapan di beberapa lokasi di Jakarta. Selain itu, dia juga meninjau langsung pengerjaan normalisasi daerah aliran sungai yang sedang berlangsung.
Lokasi pertama yang dikunjunginya yaitu sumur resapan di Jl Bontang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2013). Setelah itu, hanya beberapa meter Jokowi berjalan kaki meninjau titik lainnya, tepatnya di seberang kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Jokowi ditemani oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Andi Baso dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manggas Rudi Siahaan. Dijelaskannya sumur resapan berfungsi mengurangi genangan air saat musim hujan sekaligus untuk suplai cadangan air tanah.
"Ini nanti pembuatan sumur resapannya berbeda-beda kedalamannya antara 60-200 meter sesuai dengan lokasinya. Karena kondisi tanah di setiap lokasi jadi disesuaikan saja," kata Jokowi.
Nantinya akan ada sekitar dua ribu sumur resapan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Anggaran yang dikeluarkan sebesar 150M.
"Ini kan dalam rangka agar air tidak semua masuk ke sungai tapi disimpan dalam tanah," ujarnya.
Selain meninjau sumur resapan, Jokowi juga meninjau pengerjaan normalisasi kali. Yaitu Kali Ciliwung di ruas Menteng dan Kali Ciliwung di ruas Kampung Melayu. Selanjutnya dia meninjau normalisasi Kali Cipinang yang tak jauh dari lokasi LP Cipinang, Jakarta Timur.
Saat meninjau lokasi-lokasi tersebut, Jokowi yang mengenakan kemeja putih tersebut tampak santai. Seperti biasanya saat blusukan, Jokowi juga tak lepas dari kerumunan warga yang hendak bersalaman dan berfoto dengannya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar