Lembaga survei Indonesia Indicator (I2) mencatat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berhasil mensosialisasikan kebijakan melalui media massa dalam kurun waktu setahun.
"Setahun kepemimpinan Jokowi- Ahok menghasilkan sentimen positif dalam persepsi media massa," kata Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang di Jakarta, Kamis (17/10/2013).
Rustika mengatakan pasangan Jokowi - Ahok mampu menyampaikan kebijakan yang diterima masyarakat.
Rustika mencatat masa terberat menjalankan program kerja Jokowi - Ahok sudah dilalui pada kurun waktu Januari - Juni 2013.
"Dalam hal menjalankan kebijakan ternyata tidak pernah berjalan mulus karena pro dan kontra," ujar Rustika.
Rustika menyebutkan pasangan Jokowi - Ahok berhasil mensosialisasikan program, antara lain Kartu Jakarta Sehat (KJS), Kartu Jakarta Pintar (KJP), Penanganan Pedagang Kaki Lima (PKL), Penanganan Banjir melalui pembenahan Waduk, Rumah Susun, rencana Transportasi Massal, Jakarta Monorel dan TransJakarta.
Indonesia Indicator merupakan lembaga riset berbasis piranti lunak Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisis fenomena politik, ekonomi, sosial di Indonesia melalui pemberitaan (media mapping) menggunakan perangkat luak robot (crawler).
Peneliti I2 memonitor 337 media online nasional maupun daerah secara real time selama 24 x 7 x 365 sejak 16 Oktober 2012 hingga 15 Oktober 2013 pukul 12.30 WIB.
Penelitian I2 menunjukkan pemberitaan yang gencar dipublikasikan media online, yakni persoalan kemacetan dan banjir.
Rustika mengungkapkan tulisan soal kemacetan mencapai 26 persen dan banjir sekitar 21 persen dari jumlah total 34.656 pemberitaan.
Pemberitaan yang meresahkan lainnya meliputi PKL (16,8 persen), tawuran (5,4 persen), sampah (16,9 persen) dan premanisme (12,6 persen).
"Berdasarkan wilayah paling banyak diberitakan, yakni Tanah Abang," ungkap Rustika.
Sumber :
antaranews.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar