Rabu, 04 September 2013

Terbuka Peluang Muncul Capres Baru Tandingi Jokowi

Popularitas serta elektabilitas (tingkat keterpilihan) Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Presiden 2014 saat ini memang terbuka lebar, tiada tandingannya. Banyak lembaga survei menempatkan Jokowi pada posisi atas sebagai presiden yang akan terpilih seandainya Pemilihan Presiden (Pilpres) saat ini. Namun bukan tidak mustahil kurang lebih setahun menjelang Pilpres 2014 akan muncul tokoh atau sosok baru yang bisa menandingi Jokowi.
Pengamat Politik M Qodari mengatakan tokoh baru bisa datang dari mana saja namun kemungkinkan paling besar datang dari birokrasi pemerintahan sebab image pejabat pemerintahan di mata publik lebih baik ketimbang legislatif anggota Dewan.

"Pemilu masih kurang lebih setahun lagi, masih memungkinkan muncul tokoh baru seperti Jokowi," kata M Qodari di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (4/9/2013).
Menurut Qodari, Jokowi tidak sampai setahun mengumpulkan modal untuk bisa setenar seperti sekarang ini sehingga sangat memungkinkan ada tokoh atau sosok baru muncul sekaliber Jokowi.
"Bisa saja entah itu dari internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) atau dari luar PDI-P. Dari PDI-P kan banyak kader mumpuni, Ganjar Pranowo misalnya. Dari luar PDI-P misalnya peserta konvensi Capres Demokrat jika melalui proses yang baik bisa saja namanya naik melambung. Jadi waktu setahun ini bisa memunculkan nama baru," kata M Qodari.
Lanjut M Qodari jika Jokowi diajukan Capres saat ini maka akan mengganggu konsentrasinya sebagai Gubernur DKI Jakarta.
"Banyak kalangan yang meminta Jokowi membuktikan kinerjanya sebagai gubernur DKI Jakarta. Kalau bagus (kinerjanya) maka kansnya untuk jadi Capres terbuka lebar," kata M Qodari.

Sumber :
tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar