Senin, 03 November 2014

Dari Kantor Pos Pasar Baru, Jokowi Luncurkan KIP, KIS dan KSKS


Presiden Jokowi didampingi Lady Iriana mengunjungi kantor Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat. Jokowi datang ke Kantor Pos ini untuk meluncurkan tiga kartu yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKS).
Jokowi yang mengenakana batik coklat ini langsung masuk ke dalam ruangan Kantor Pos Pasar Baru, Senin (3/11/2014). Terlihat Iriana yang anggun dengan blus hijau mendampingi Jokowi yang memakai batik. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani juga memakai kemeja batik. Juga ada Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa.
Jokowi kemudian menyerahkan kartu tersebut ke beberapa orang warga yang ada di Kantor Pos tersebut. Suasana Kantor Pos sangat padat, petugas dan warga serta wartawan berkerumun di sekitar Jokowi dan Iriana.
KIP, KIS dan KSKS merupakan program unggulan di bawah komando Menko PMK Puan Maharani. Puan akan fokus menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing dengan menggulirkan program Kartu Keluarga Produktif yang terdiri dari KIS, KIP dan KSKS.
Di dalam website Kemenko Kesra (kini PMK), Puan mengklaim KIS sebagai penyempurnaan dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang digulirkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jika JKN hanya untuk pengobatan, maka KIS memiliki kelebihan karena dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan. "Kami ingin ada suatu kelebihan, kami ingin memberikan yang lebih baik," ujar Puan.
Saat ini, kata Puan, dirinya terus mematangkan data dibantu dengan Kementerian Dalam Negeri dan kementerian terkait. Sumber dana untuk pelaksanaan KIS dan KSKS di tahun 2014 menggunakan dana Bantuan Sosial yang ada di Kemensos.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar